Pertajam Kemampuan Hukum, Kodam Gelar MTT

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Pertajam kemampuan hukum di kalangan prajurit TNI, dilakukan Kodam XVI/Pattimura dengan menggelar kegiatan Mobile Training Team (MTT) Hukum sebagai Fungsi Komando Kodam XVI/Pattimura TA. 2020.

Kegiatan MTT, yang berlangsung di Baileo Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya, Selasa (11/08/2020), di buka oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Gabriel Lema,

Kegiatan MTT yang berlangsung selama dua hari itu, di mulai pada Selasa (11/8/2020) sampai Rabu (12/8/2020), diikuti oleh Para Dandim/Danyon, Pejabat Personel dan Intel/Pam di Jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kasdam XVI/Pattimura mengatakan, pelaksanaan kegiatan MTT, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan pemahaman Para Komandan, baik dalam kapasitasnya sebagai atasan yang berhak menghukum atau Ankum maupun selaku Perwira Penyerah Perkara (Papera) serta staf yang menjabat sebagai pejabat personel, dalam menangani berbagai permasalah di satuannya dengan berpedoman pada hukum yang berlaku.

Dalam sambutannya juga Pangdam berharap penataran ini dapat memberikan pemahaman tentang materi-materi yang meliputi Papera dan Ankum di lingkungan TNI-AD.

Serta dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pelanggaran hukum administrasi Militer, menyelenggarakan perkara pelanggaraan disiplin Militer TNI- AD, menyelesaikan perkara hukuman disiplin PNS, mekanisme penyelesaian perkara tindak pidana di lingkungan TNI-AD dan pertanggung jawaban Komando.

“Dalam hal penyelesaian perkara pidana, maka sistem pemidanaan di lingkungan militer berkaitan dengan sistem Hukum Disiplin dan Hukum Administrasi di satuan-satuan yang menjadi kewenangan para Ankum dan Papera. Sistem pemidanaan ini juga memiliki korelasi dengan peran dan fungsi penyidikan oleh Polisi Militer, penuntutan oleh Oditurat Militer, persidangan oleh Peradilan Militer dan peran serta fungsi pejabat yang berwenang lainnya,” kata Pangdam dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam.

Dalam pelaksanaan kegiatan MTT tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *