Pesan Berantai, Perang Warga Ambon dan LSM Merdeka Gegerkan Warga Jakarta

Hukum & Kriminal

Jakarta, CakraNEWS.ID-Masyarakat Kota Jakarta dan sekitarnya di kejutkan dengan adanya informasi yang menakutkan mengani perang antara masyarakat Ambon, (Maluku) yang ada di Jabotabek dengan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Merah Putih, di perempatan lampu merah Ciawi, Gadog, Bogor, Jawa Barat.

Pesan berantai yang di sinyalir memprofokasi situasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya itu, dikirim ke setiap warga melalui pesan telphone seluler.

Isi pesan berantai yang di kirim melalui via pesan seluler tersebut berbunyi, “Assalamualaikum,sampurasun, rekan group, tolong di share ‘ ada info hari ini akan ada perang antara Ambon dan LSM Merah Putih lokasi lampu merah Ciawi gadog hingga pasar Ciawi, buntut dari pengeroyokan debt colector, menurut info sudah siap-siap berangkat ke ciawi kurang lebih 12 mobil, di khawatirkan jadi perang suku, mohon untuk rekan supaya menghindari lokasi tersebut, semoga bermanfaat,” bunyi pesan yang tersebar luas itu, Senin (21/1/19).

Isu profokatif tersebut, masih ditelusuri oleh Polda Metro Jaya.

Menepis informasi tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Argo Yuwono, kepada sejumlah awak media di Jakarta, Senin (21/1/2019), Polda Metro Jaya telah melakukan penyelidilan dan memastikan bahwa pesan berantai tersebut adalah hoax alias kabar bohong.

“Hoax itu. Tidak ada perang atau tawuran seperti yang disebutkan di pesan berantai itu,” Tegasnya

Kabid Humas meminta kepada masyarakat luas, agar lebih cerdas dalam menshare berita dalam bentuk apapun. Ini penting, agar menjaga situasi tetap kondusif dan tidak terjadi kegaduhan.

“Masyarakat harus cerdas dalam menerima dan menshare pesan berantai di grup whatsApp maupun medsos,” tutur Perwira Menengah Polri berpangkat tiga melati itu. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.