Pilkades Tonu Jaya SBB Berlangsung, 4 Calon Kades Diikat Deklarasi Damai

Pemerintahan

Piru,CakraNEWS.ID– Desa Tonu Jaya Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat menjalankan Pemilihan Kepala Desa, Rabu (20/10/2021). Sehari sebelumnya, panitia telah melaksanakan Deklarasi Damai sekaligus naskah ikrar Deklarasi Damai oleh Ketua, Abdul Irwan Sampulawa.

Ikrar tersebut diikuti oleh 4 calon Pilkades selanjutnya dakukan Penandatangani Berita Acara Deklarasi Damai oleh 4 calon Pilkades atas nama :

  1. Sardin Ode calon nomor urut I.
  2. La Maila Hami calon nomor urut II
  3. Ode Basri Kaimudin calon nomor urut III.
  4. La Basri Musalim calon nomor urut IV.

Hadir menyaksikan deklarasi itu, Kapolsek Waesala, Ipda A Pratama Putra, S.Tr.K, Pejabat Desa, Tonu jaya La. Ode Bahari Makmur S.Pd dan Ketua Panitia Pilkades, Abdul Irwan Sampulawa.

Ketua Panitia Pilkades Tonu Jaya Abdul Irwan Sampulawa menyatakan, deklarasi damai sebagai bentu pengikatan komitmen bersama dalam menjaga Kamtibmas di desa tersebut.

“Mudah mudahan setelah selesai melakukan pentahapan ini, kemungkinan tidak ada lagi gugatan2 tuntutan dari para calon, karena harus mematuhi setiap tahapan Pilkades secara damai, sopan bermartabat dan penuh rasa tanggung jawab demi terlaksanannya pilkdesa secara serentak tahun 2021,” paparnya.

Ditegaskan, para calon bersedia mematuhi aturan dan perundang undangan yang berlaku.

“Para calon kades, harus sepakat untuk menciptakan situasi kondusif selama pelaksanaan Pilkades 2021 serta tidak melalukan hal-hal yang melanggar hukum,” ungkapnya.

Pihaknya mengharapkan, penyelenggara pilkdes untuk marilah kita saling memaaf dan salin bergandeng tangan sehingga tidak ada yang membentuk kubuh atau kelompok diantara para simpatisan.

“Harapan kami ,kalah Menag itu biasa karena yang menentukan ialah yang maha kuasa, karena kami dari panitia tidak bisa menentukan,” pungkasnya

Sementara Kapolsek Waesala. Ipda. A.Pratama Putra,S.Tr.K menyambut baik dan sangat mengapresiasi deklarasi tersebut.

Dikatakam, dalam pelaksanaan Pilkades kita memegang beban besar yang yang di desa ini karena itu agar seluruh masyarakat Tonu jaya dan pemerintah Desa bersama menjaga Kamtibmas atau perbuatan yang melawan hukum.

“Himbauan agar seluruh masyarakat yang hadir pada saat ini untuk mewakili menyampaikan hal-hal yang saya sampaikan dengan penuh rasa tanggung jawab dalam mendukung pelaksanaan Pilkades dengan megutamakan Protokol kesehatan. Pada saat selesai pelaksanaan Pilkades untuk tidak melaksanakan pesta atau hiburan malam di dalam Desa dalam bentuk apapun,” singkatnya

Sementra Penjabat Desa Tonu Jaya. La Ode Bahari Makmur S.Pd mengajak masyarakat desa Tonu Jaya menyukseskan Pilkades.

“Menjaga Kamtibmas karena hal ini atau setiap tahapan Pilkades merupakan amanat undang-undang dan pelaksanaan dapat berjalan dengan aman,” ungkap Bahari.

“Harapan kami juga bahwa siapapun yang terpilih sebagai kepala desa nantinya itulah pemimpin kita kedepan. Intinya dari pada agenda hari ini adalah mari kita semua mendudkung setiap tahapan sampai dengan pelantikan,” pungkas dia.*** CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *