Pimpin Sertijab Waka Polda, Kapolda Maluku Harap Polres/Polresta Jajaran Laksanakan Program Presisi Kapolri

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID-Jabatan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, yang di emban oleh Brigjen Pol, Jan de Fretes, resmi diserahkan kepada Brigjen Pol, Stephen M.Napiun.

Penyerahan jabatan Waka Polda Maluku, yang di gelar dalam upacara serahterima jabatan, di pimpin langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol, Lotharia Latif, bertempat di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Selasa (10/1/ 2023). Serta turut dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Maluku Kapolres dan Kapolresta jajaran

Brigjen Pol Stephen M. Napiun yang sebelumnya menjabat selaku Karo Ops Polda Jawa Barat, dimutasikan dengan jabatan baru sebagai Waka Polda Maluku. Sedangkan Brigjen Pol Jan Leonard de Fretes yang sebelumnya menjabat sebagai Waka Polda Maluku, di mutasikan dengan jabatan baru sebagai Waka Polda  Sulawessi Utara.

“Salah satu bentuk pembinaan karir personel Polri adalah mutasi, baik berdasarkan penugasan jabatan (tour of duty) maupun daerah penugasan (tour of area). Mutasi dilakukan sebagai bentuk penyegaran baik terhadap organisasi maupun personel yang bersangkutan, serta sebagai wujud pemberian penghargaan kepada personel Polri yang telah menunjukan prestasi kerja yang baik,” kata Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam sambutannya.

Mutasi jabatan, kata Kapolda, merupakan hal yang wajar dan biasa dalam organisasi. Hal ini merupakan upaya dalam menjamin dinamika organisasi dan manajerial yang di dalamnya dituntut komitmen serta dedikasi tinggi. Ini agar mampu melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan baik, sekaligus sebagai bentuk kepercayaan pimpinan Polri yang harus dilaksanakan secara profesional dan bertanggung jawab.

“Jabatan Wakapolda merupakan jabatan strategis sebagai unsur pimpinan Polda yang bertugas membantu Kapolda dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan perpol nomor 14 tahun 2018 tentang susunan organisasi dan tata kerja kepolisian daerah. Yakni melaksanakan pengendalian terhadap pelaksanaan tugas dari semua unsur yang ada dalam organisasi kepolisian daerah,”ungkap Kapolda Maluku.

Irjen Latif mengaku, wilayah hukum Polda Maluku memiliki tantangan tugas tersendiri.

Ditinjau dari aspek geografi demografi, masyarakat Maluku adalah masyarakat yang majemuk terdiri dari berbagai suku, agama dan adat istiadat yang berbeda. Dari aspek kamtibmas senantiasa dihadapkan pada dinamika yang cukup kompleks, seperti potensi konflik sosial, gangguan kejahatan konvensional, dan transnasional crime, aksi unjuk rasa, maupun gangguan kamtibmas lainnya.

Menurutnya, Polda Maluku sebagai unsur pelaksana utama di kewilayahan terus melaksanakan penjabaran program Presisi Kapolri secara konsisten dan berkelanjutan.

“Saya selaku Kapolda telah menindaklanjuti program Presisi Kapolri melalui program Basudara Manise Polda Maluku yang pada tahun 2002 dapat menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukum Polda Maluku. Program basudara manise dilaksanakan oleh Polda dan polres jajaran melalui kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum dengan melibatkan peran tokoh-tokoh masyarakat, agama pemuda dan tokoh adat,” katanya.

Peran tokoh-tokoh masyarakat Pemuda adat agama terus kita ke depankan dalam menyelesaikan akar masalah di tengah masyarakat. Selain itu, sinergitas dan soliditas dengan TNI dan Pemda serta instansi terkait juga menjadi kunci utama dalam program basudara manise untuk mewujudkan Maluku yang aman damai dan sejahtera.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku pribadi dan pimpinan Polda Maluku beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Brigadir Jenderal Polisi Jan de Fretes atas pengabdian yang luar biasa selama kurang lebih 2 tahun 8 bulan 9 hari sebagai Wakapolda Maluku, serta dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan selama menjalankan tugas dan amanahnya. Saya juga mengucapkan selamat atas promosi jabatan yang baru sebagai Wakapolda Sulawesi Utara. Kepada Ibu Fenny de Fretes saya selaku pembina Bhayangkari daerah Maluku mengucapkan terima kasih atas segala pengorbanan dan kesetiaan Ibu mendampingi suami selama bertugas di Polda Maluku serta atas pengabdian Ibu selaku wakil ketua Bhayangkari daerah Maluku,” ungkapnya.

Kepada Wakapoda Maluku Brigadir Jenderal Polisi Steven M. Napiun yang sebelumnya menjabat sebagai Karoops Polda  Jawa Barat, Irjen Latif juga mengucapkan selamat datang dan bertugas di Polda Maluku.

“Kehadiran saudara diharapkan dapat memberikan warna dan nuansa baru bagi peningkatan kinerja Polda Maluku dan jajaran,” harapnya.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *