PJ Gubernur Sultra, Dorong Peningkatan Sektor Pariwisata Wakatobi Berbasis Kearifan Lokal

Pemerintahan

Sultra,CakraNEWS.ID- Inspirasi meningkatkan nilai-nilai kearifan lokal daerah di sektor pariwisata, dilakukan Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol (Purn), Andap Budhi Revianto, dengan membuka secara langsung festival Wakatobi Wave di Marina Togu Mowundu, Wangi-wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Sabtu (4/11/2023)

“Pada hari Sabtu (04/11/2023) jam 16.12 WITA, saya membuka festival Wakatobi Wave di Marina Togu Mowundu, Wangi-wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara,”ucap PJ,Gubernur Sultra, dalam keterangan yang di terima CakraNEWS.ID, Selasa (7/11/2023).

Andap menuturkan, Wakatobi adalah singkatan dari pulau-pulau yang berada disana, yakni pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan pulau Binongko. Wakatobi sendiri merupakan salah satu dari 17 kabupaten/kota yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penyelenggaraan festival, pada tahun ini mengambil tema yakni ‘Pasi Kumba’, yang memiliki arti Wakatobi adalah tempat yang sangat-sangat sangat indah. Acara ini menjadi ajang untuk menampilkan keunikan, keluhuran, dan kekayaan budaya Wakatobi sehingga diharapkan dapat menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara,”ujarnya.

Mantan Kapolda Sultra itu berharap, penyelenggaraan festival Wakatobi Wave menjadi inspirasi bagi industri pariwisata berbasis kebudayaan yang bisa menjaga ekosistem lingkungan dan nilai-nilai kearifan lokal.

“Untuk memasuki era industri pariwisata, selain promosi yang menarik, setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan dan kita benahi bersama di Wakatobi, yakni infrastruktur pariwisata, manajemen pariwisata serta peningkatan SDM pariwisata di Wakatobi. Industri pariwisata ini pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat disana. Maju terus Wakatobi, kami bangga,”Ungkapnya. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *