PJU Dan Pamen Kodam XVI/Pattimura, Disuntik Dosis Ketiga Vaksin Moderna Dan Pfizer

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Sejumlah pejabat utama (PJU) dan Perwira Menengah, di suntik vaksinasin dosis ke tiga atau booster yang diperuntuhkan di kalangan TNI.

Tidak hanya para PJU dan Pamen Kodam XVI/Pattimura yang disuntik vaksin dosis ketiga, vaksinasi yang di gelar di lapangan Makodam, juga melibatkan keluarga TNI. Mereka yang mendatangi gerai vaksinasi di Kodam XVI/Pattimura, mendapat vaksinasi Astrazeneca dan Sinovac dosis pertama dan kedua, dari tenaga kesehatan Rumah Sakit Tingkat II Prof. dr. J. A. Latumeten, Rabu (22/12/2021).

Kepala Rumah Sakit Tingkat II Prof. dr. J. A. Latumeten ,Kolonel Ckm dr. Adhy Sugih Arto, Sp. An mengatakan, vaksinasi di halaman Makodam ini tidak hanya melayani vaksin suntikan ketiga bagi TNI dengan vaksin booster Moderna dan vaksin Pfizer, namun ada juga vaksinasi Astrazeneca dan Sinovac dosis pertama dan kedua bagi keluarga TNI. Namun untuk vaksin booster dikhususkan hari ini untuk PJU Kodam XVI/Pattimura dan Perwira Menengah karena mengingat ketersediaan vaksin.

“Berdasarkan perintah Komando Atas, vaksin booster yang semula hanya diperuntukkan untuk nakes, saat ini juga bisa untuk TNI, mengingat ketersediaan vaksin, untuk di daerah diprioritaskan untuk PJU dan Pamen dahulu, kemudian untuk preriode berikutnya untuk yang lain”, paparnya.

Karumkit juga menjelaskan tentang manfaat dan efek samping dari vaksin booster ini saat kegiatan vaksin ini digelar. Kata Karukmit adapun manfaat dari vaksin booster (vaksin booster Moderna dan vaksin Pfizer) ini bagi tubuh yaitu menumbuhkan dan meningkatkan imunitas terhadap serangan virus Covid-19.

“Untuk efek samping vaksin tergantung dari jenis vaksin yang diperoleh dan imunitas masing- masing orang. Pada vaksin Moderna hampir semua merasakan demam, menggigil dan ngilu di bekas suntikan namun akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan vaksin Pfizer tidak semua merasakan kena efek samping tergantung kondisi dan daya tahan,”ujar Karumkit.

Karumkit mengatakan, mengantisipasi terjadinya kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi berlangsung, para peserta vaksinasi mengantri di tenda yang sudah disiapkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Hari ini tercatat sebanyak 115 orang menerima vaksin, dengan rincian vanksin Moderna sebanyak 50 dosis dan Pfizer sebanyak 52 dosis. Sedangkan sisanya mendapatkan suntikan Astrazeneca dan Sinovac,” Pungkasnya. * CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.