Wakapolda Maluku Lantik 375 Bintara Polri Asal Maluku dan Papua

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes, melantik sebanyak 375 orang personil Bintara Polri Tahun 2021 asal Maluku dan Papua. Pelantikan yang dirangkai dengan upacara penutupan pendidikan pembentukan Bintara Polri 2021 ini berlangsung di lapangan SPN Polda Maluku, Passo, Kota Ambon, Rabu (22/12/2021).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Irwasda Maluku, para Pejabat Utama Polda Maluku dan Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. Ratusan Bintara SPN Polda Maluku yang dilantik tersebut terdiri dari 207 Bintara Polda Maluku dan 168 Bintara Polda Papua.

Pada pelantikan tersebut, Bripda Muh Fadil H. Singga asal pengiriman Polda Maluku, meraih predikat intelektual terbaik atau cendikia. Sementara Bripda Rizky Rahmat Zulkarnaen Siman, asal pengiriman Polda Maluku meraih predikat mental terbaik atau tertabah. Sedangkan peraih Fisik Terbaik atau trengginas diraih oleh Bripda Yakub Mundoni asal pengiriman Polda Papua.

“Upacara hari ini menandai telah berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan Bintara Polri tahun 2021,” kata Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Prof. Dr. Rycko Amelza Dahniel,dalam amanatnya yang dibacakan Wakapolda.

Wakapolda menyampaikan ucapan selamat datang kepada para Bintara remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan 3 rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 bulan di lembaga pendidikan polri dengan baik.

“Hari ini saudara secara resmi dilantik menjadi anggota Polri dan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua, hal ini berarti pada diri saudara telah melekat tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara,” katanya.

Pelantikan dan pendidikan ini, kata dia, bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi justru merupakan langkah pertama dalam pengabdian sebagai Bhayangkara muda untuk bertugas di tengah masyarakat.

“Kita juga masih dihadapkan dengan pandemi covid 19 yang belum berakhir dan kehidupan new normal yang menuntut setiap orang menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” katanya.

Olehnya itu, ia mengungkapkan Polri memerlukan personel-personel yang berkualitas dan unggul dibidangnya, untuk mendukung tugas-tugas sebagai Bhayangkara Negara yang profesional berintegritas, prediktif, memiliki responsibilitas dan mampu mewujudkan transparansi berkeadilan.

“Kami mengharapkan kepada para Bintara untuk meningkatkan selalu keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Para Bintara remaja Polri juga diharapkan untuk berpegang teguh dan amalkan nilai nilai tribrata dan catur prasetya dalam setiap langkah pengabdian.

“Pahami dan laksanakan tugas dengan sungguh sungguh penuh keikhlasan tanggung jawab semangat dan riang gembira. Jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat,” harapnya.

Sebagai Bhayangkara muda, harus dapat membangun komunikasi positif dengan masyarakat serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, Pemerintah Daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. * CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.