Polda Maluku akan Gelar Operasi Ketupat Salawaku 2024

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID- Kepolisian Daerah Maluku akan menggelar Operasi Ketupat Salawaku Tahun 2024 yang bertujuam untuk mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sebelum menjalani operasi tersebut, Polda Maluku terlebih dahulu memberikan pelatihan kepada para personel yang dilaksanakan Rupattama Mapolda Maluku, Kamis (28/3/2024).

Pelatihan Pra Operasi Ketupat Salawaku mengusung tema “Melalui Latihan Pra Operasi Kita Tingkatkan Kemampuan dan Profesionalisme Polri Dalam Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri”.

Karo Ops Polda Maluku, Kombes Pol Asep Saepudin, saat membuka kegiatan pelatihan pra operasi ketupat membacakan amanat Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif.

Ia mengatakan, perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah merupakan salah satu hari besar keagamaan bagi umat Muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan Provinsi Maluku.

“Momen jelang puncak lebaran, masyarakat Maluku kerap melakukan berbagai kegiatan religius dalam bentuk mudik lebaran, ziarah, berwisata maupun silaturahmi ke sanak saudara, sahabat maupun kerabat terdekat,” katanya.

Untuk menciptakan stabilitas Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif menjelang, saat berlangsung dan pasca perayaan lebaran, Polri secara nasional termasuk di wilayah hukum Polda Maluku akan melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Ketupat Salawaku Tahun 2024.

Operasi Ketupat akan dilaksanakan selama 13 hari terhitung sejak tanggal 4 April sampai dengan 16 April 2024 dengan pengerahan satuan tugas pada Operasi Ketupat Salawaku 2024 yang terdiri dari 7 Satgas. Di antaranya Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Gakkum, Satgas Tindak, Satgas Humas, dan Satgas Banops.

“Jadikan pelatihan ini sebagai sarana bertukar pikiran dan menambah wawasan serta pengetahuan sehingga dapat menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas Operasi Ketupat Salawaku 2034 dan hindari perbuatan yang dapat menurunkan citra dan martabat Polri,” pintanya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Handoyo Santoso, juga mengingatkan kepada para personel yang terlibat dalam Ops Ketupat Salawaku 2024 agar dapat menyampaikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat pesisir.

“Mengingat cuaca di provinsi Maluku akhir-akhir ini cukup ekstrem agar seluruh personel Polda Maluku dapat menghimbau masyarakat untuk berhati-hati khususnya yang akan melaksanakan keberangkatan masuk keluar Provinsi Maluku maupun antar Kabupaten Kota di Provinsi Maluku,” pintanya.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *