Polwan Polda Maluku Edukasi Penting Menjaga Diri Dari Kekerasan Ke Pelajar di MIT As Salam Ambon

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Edukasi dan berbagi pengetahuan kepada anak-anak terkait pentingnya menjaga diri dan terhindar dari segala bentuk kekerasan terhadap anak, di sampaikan Polwan Polda Maluku,saat menyambangi sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MIT) As Salam Ambon dalam kegiatan “Polwan Mangente Anak Sekolah”, Kamis (1/6/2023).

Kegiatan dipimpin Ipda Nurul Hidayati Achmad. Ia didampingi Bripka Mellani Lewenussa, Briptu Sherly Mail, Briptu Bella Rosjeana Rumondor, Briptu Ratna Sari, dan Briptu Siti Hartini Merdekaw.

Sebanyak kurang lebih 181 orang siswa kelas 4 dan 5 MIT As Salam Ambon mengikuti kegiatan yang juga bertujuan untuk memberikan edukasi pentingnya menjaga diri dan menghentikan segala bentuk kekerasan terhadap anak.

Kegiatan dimulai dengan penyampaian edukasi oleh tim 1. Mereka memberikan tips tentang cara menjaga diri dan menghentikan kekerasan terhadap anak. Melalui presentasi yang menarik dan interaktif, tim Polwan menjelaskan pentingnya anak-anak mengenali tanda-tanda kekerasan, memahami hak-hak mereka, dan berbagi cara untuk melaporkan kekerasan yang dialami.

Selepas itu dilakukan sesi “gerak dan lagu menjaga diri” dengan melibatkan partisipasi aktif siswa-siswi. Para siswa diajak melakukan gerakan dan bernyanyi bersama dengan lagu yang bertemakan menjaga diri dan keamanan. Tujuannya untuk memberikan pemahaman secara praktis kepada anak-anak mengenai pentingnya memiliki keterampilan dalam melindungi diri mereka sendiri.

Sesi tanya jawab juga menjadi bagian penting dalam kegiatan tersebut. Anak-anak diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada polwan tentang kekerasan dan cara-cara melindungi diri. Setiap pertanyaan yang ditanyakan dijawab dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Kegiatan itu ditutup dengan penyampaian testimoni dari dua perwakilan siswa. Ipda Nurul Hidayati Achmad, dan Bripka Mellani Lewenussa memberikan kesempatan kepada dua siswa untuk berbagi pengalaman dan pemikiran mereka tentang kegiatan yang sudah dilalui. Siswa-siswi menyampaikan terima kasih atas kegiatan edukatif yang telah dilaksanakan. Mereka mengaku telah mempelajari banyak hal baru tentang cara menjaga diri dan menghentikan kekerasan.

“Saya sangat senang bisa ikut kegiatan ini. Sekarang saya tahu cara melindungi diri dan apa yang harus dilakukan jika mengalami kekerasan. Terima kasih kepada polwan yang sudah mengajarkan kepada kami hal-hal penting ini,” kata Sania, salah satu siswa.

Ipda Nurul Hidayati Achmad sebagai perwakilan polwan mengungkapkan harapannya terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut

“Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak dapat lebih paham tentang pentingnya menjaga diri dan menghentikan kekerasan. Kami ingin menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak-anak. Edukasi ini adalah langkah awal dalam upaya perlindungan mereka,” kata Nurul.

Senada dengan Nurul, KAUR Kesiswaan, Ustadzah Anti, berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada para siswa-siswi dalam menjaga diri.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, para siswa dan siswi MIT As Salam Ambon dapat memahami betapa pentingnya menjaga keamanan mereka saat berinteraksi dengan dunia maya. Kami ingin mencegah mereka menjadi korban cyberbullying, kejahatan seksual atau ancaman lainnya. Kami berkomitmen untuk terus memberikan edukasi semcam ini guna melindungi generasi muda kita,” harapnya.

Kegiatan “Polwan Mangente Anak Sekolah” diharapkan dapat terus dilakukan dengan melibatkan lebih banyak sekolah dan anak-anak di berbagai wilayah.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *