Posko Angkutan Laut Pengamanan Natal Dan Tahun Baru, Pemprov Maluku Sediakan Mudik Gratis Untuk Masyarakat

Pemerintahan

Maluku,CakraNEWS.ID- Apel siaga dalam rangka pengamanan posko angkutan laut jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dengan melibatkan TNI/Polri serta beberapa Intansi Pemerintah. Pelaksanaan apel siaga yang berlangsung di lokasi pelabuhan Yosudarso Kota Ambon tersebut dipimpin oleh Wakil Gubernur Maluku, Drs Barnabar Orno selaku Inspektur Upcara dan bertindak selaku komandan ucapara, Masinis 1 KM.338 Kantor KSOP Kelas 1 Ambon Rudulop Martinus, Senin (16/12/2019).

Penyamatan pita tanda pengamatan pengamanan posko terpadu angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 kepada 3 perwakilan dari masing masing Instansi terkait , dianataranya 1 personil KPYS,1 personil KSOP Kelas 1 Ambon, 1 personil Basarnas Ambon. Serta penyerahan life jaket dan tiket gratis kepada perwakilan calon penumpang yang diberikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Maluku.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Ir.Frans Johanis Papilaya dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan angkutan Natal 2019 dan tahun baru 2020 di Provinsi Maluku melibatkan pelayanan modal transportasi diantaranya, 1.22 kapal perintis laut yang terbagi dalam tiga Pelabuhan pangkalan yaitu Pelabuhan Ambon 8 kapal Pelabuhan Tual 6 kapal Pelabuhan Saumlaki 8 kapal, 10 Kapal PT Pelni 8 kapal yang existing melayani Maluku ditambah dua kapal tambahan 9 kapal cepat Milik swasta 21 unit kapal penyeberangan satu kapal negara bacaan navigasi Ambon sebagai tempat cadangan jika diperlukan.

“Untuk angkutan darat dapat angkutan antar kota-kota yang ada di Provinsi Maluku baik itu angkutan kota dan pedesaan di tiap-tiap kabupaten serta angkutan perintis sebanyak 27 bus yang melayani trayek di Pulau Ambon, Pulau Seram, Pulau Yamdena, Pulau Buru, dan Maluku tenggara. Angkutan udara berupa penerbangan perintis penerbangan komersial dalam wilayah Maluku serta penerbangan nasional yang dilayani oleh 6 perusahaan penerbangan,”ungkap Papilaya

Papilaya mengatakan, bersamaan dengan kegiatan mudik tahun 2019, Pemerintah Provinsi Maluku  dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi Maluku akan melaksanakan mudik gratis bagi masyarakat yang akan mudik merayakan Natal dan tahun baru di kampung halaman.

“Untuk pelaksanaan mudik gratis bagi masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman mereka, Dishub Provinsi Maluku telah menyediakan 7 unit kapal perintis 5 unit kapal penyeberangan 2 unit kapal cepat dan diperkirakan mengangkut penumpang sebanyak 8.066 orang,”Ucapnya.

Ia menuturkan, untuk jadwal pelayanan angkutan mudik gratis untuk natal 2019 diantaranya, jadwal mudik gratis dengan kapal perintis laut yang muali berlangsung pada Senin (16/12/2019)  yang dilayani oleh kapal perintis KM. Sabuk Nusantara 71 dengan pelabuhan terakhir adalah desain, dan lagi tanggal 17 Desember 2019 dengan Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 36.

Ada 4 wilayah menuju kabupaten kepulauan Tanimbar, dan kabupaten Maluku Barat Daya, Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 106  tujuan wilayah SBT, Tual Maluku Tenggara dan Maluku Tengah. Sedangkan untuk rute perjalanan KM Sabuk Nusantara 103, dengan tujuan Tual, Tanimbar dan Maluku Darat Daya. Untuk tanggal 18 Desember 2019, akan dilayari dengan KM.Sabuk Nusantara 87 tujuan, wilayah Maluku Tengah dan wilayah MBD, dan tanggal 19 Desember 2019 dengan Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 71 menuju wilayah MBD dan Tual.

Untuk tanggal 23 Desember 2019 dengan KM.Sabuk Nusantara 72 dengan tujuan wilayah Buru Selatan sedangkan jadwal mudik gratis menggunakan kapal cepat pada tanggal 19 Desember 2019 dengan Intim Teratai dengan tujuan Ambon ke Namrole ini dilaksanakan oleh Jasaraharja.

Disisi lain Menteri Perhubungan RI dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Maluku mengatakan, apel kesiapan pembukaan posko angkutan laut Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 bertujuan untuk memantapkan koordinasi antar petugas atau instansi terkait atau penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut. Sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan aman, selamat, tertib dan nyaman sampai di tempat tujuan.

“Seperti kita ketahui penyelenggaraan angkutan laut Natal yang setiap Tahun dilaksanakan bertujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyakarat yang akan melaksanakan mudik untuk merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ke kampung halamannya,”tutur Menhub RI.

“Sudah menjadi tradisi bahwa setiap datanganya perayaan hari besar keagamaan, masyarakat dengan jumlah besar dan dalam waktu yang bersamaan akan melakukan perjalanan pulang atau mudik. Saya berpesan agar saudara-saudara sebagai petugas di lapangan dapat memberikan kontribusi yang optimal untuk kelancaran dan pelayanan angkutan baik angkutan laut, angkutan darat, dan angkutan udara,” ucap Wagub Maluku mengutip pesan Menhub.

Orno mengatakan, bersamaan dengan penyelenggaraan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, di perlukan pula kegiatan mudik gratis dari Pemda Provinsi Maluku, bagi masyakarat Maluku yang akan merayakan Natal.

“Sampaikan salam dari Gubernur Maluku dan beta selaku Wakil Gubernur Maluku, kepada seluruh anggota keluarga di kampung halaman ‘Selamat Merayakan Natal Kristus 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 202’,”pesan mantan Bupati Maluku Barat Daya itu. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *