Prajurit Wanita Kodam Pattimura Ikut Pembekalan Kemampuan Teritorial

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Teritorial merupakan salah satu tugas utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), yang tertulis dalam Doktrin Kartika Eka Paksi (KEP). Maka dari itu, sudah sewajarnya setiap prajurit TNI AD menguasai dan terampil dalam mempraktekan tugas di bidang tersebut.

Sedangkan, Kowad merupakan Korps Wanita Angkatan Darat yang merupakan Prajurit TNI AD, yang memiliki tugas dan peran penting setara Prajurit Pria lainnya.

Mengingat tugasnya sebagai TNI AD, yang bukan hanya urusan Protokoler saja. Aster Kasdam XVI/Pattimura, Kolonel Inf Hasandi Lubis memberikan pembekalan kemampuan teritorial, kepada seluruh Kowad Kodam XVI/Pattimura, bertempat di Aula Puskodalopsdam XVI/Pattimura pada Selasa (06/06/2023).

Materi yang diterima berupa, pembinaan kemampuan teritorial (Puanter), pembinaan pertahanan wilayah (Tahwil), pembinaan komunikasi sosial (Komsos), pembinaan bakti TNI, serta lima kemampuan teritorial.

Dalam kesempatan tersebut, Aster Kasdam XVI/Pattimura menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan, untuk memberikan pemahaman dan pembekalan, sehingga harus mempunyai kemampuan handal dalam tugas, serta mempunyai pengetahuan dan keterampilan Apkowil.

“Tidak menuntut kemungkinan bahwa, banyak Babinsa atau Bintara Pembina Desa yang lazimnya dijabat oleh seorang Bintara Prajurit TNI AD pria, bisa dijabat oleh Kowad, untuk itu perlu dibekali kemampuan teritorial”, ujar Aster.

“Peran ganda Kowad sebagai prajurit TNI AD serta kodrat sebagai seorang wanita adalah tugas yang mulia, karena meskipun wanita tetap militer, dan meskipun militer tetap wanita”, pungkas Aster.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *