Puluhan Warga Negeri Hotte Terdampak Bencana, Terima Bantuan Sembako Dari BAZNAS SBT

Pemerintahan

SBT,CakraNEWS.ID- Sebanyak 71 orang warga Negeri Hotte, Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang terdampak banjir rob dan pasang gelombang menerima bantuan paket sembako dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten SBT, Rabu (23/2/2022) siang.

Penyerahan bantuan paket sembako yang dipusatkan di tempat pengungsian warga akibat bencana alam tersebut yang dihadiri oleh Assisten II Setda Kabupaten SBT Idris Boufakar mewakili Pemerintah Daerah, Plt. Pimpinan BAZNAS Kabupaten SBT Sidik Rumalowak, Kepala Kesekretariatan Zainudi Kelsaba, Staf BAZNAS  Kabupaten SBT dan Penjabat Negeri Hotte M. Yani Paitaha, Pihak Keamanan serta Perangkat Negeri Hotte.

Kepala Kesekretariatan Zainudi Kelsaba kepada media ini menyampaikan, setiap warga terdampak banjir rob dan pasang gelombang di daerah setempat mendapatkan paket sembako berisikan beras, telur, susu, teh, gula, mie instan dan minyak goreng.

Dikatakan Kelsaba, selain memberikan bantuan sembako untuk warga terdampak bencana tersebut pihak BAZNAS Kabupaten SBT juga membantu mengatasi penumpang Sabuk Nusantara 106 yang sudah tiga hari tanpa makanan di pelabuhan Banda. Penumpang dengan tujuan pelabuhan Geser, Gorom dan Kesui.

“Kami berikan bantuan akibat kapal tidak bisa keluar karena gelombang cukup tinggi. Saat kami mendengar informasi itu atas perintah Pimpinan BAZNAS, kami langsung transfer uangnya lewat kordinator yang di tunjuk. Sesuai data yang ada di manifesto penumpang,” terang Kelsaba.

“Saat ini kami sudah selesai pembagian di Negeri Hotte dan sudah balik. Nanti, pada pembagian selanjutnya di Desa Sesar dan saat ini kami terus pantau wilayah yang saat ini terdampak bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Pimpinan BAZNAS Kabupaten SBT, Sidik Rumalowak saat dikonfirmasi mengatakan pemberian paket sembako bagi warga Negeri Hotte yang terdampak bencana ini bertujuan untuk mengurangi beban mereka. Sebab sebagian besar rumahnya penuh dengan lumpur akibat semburan air laut dan sebagian besar rumah yang rusak total.

“Selain itu untuk berbagi kebahagiaan kepada yang bersangkutan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Serta terpenuhi sisi sumber incomenya,” katanya.

Selain itu Rumalowak juga meminta kepada masyarakat untuk selalu mendoakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Kabupaten SBT yang selama ini sebagian zakat, infak dan sedekahnya di kelola oleh BAZNAS Kabupaten SBT.

“Bantuan ini adalah bagian dari seluruh zakat dan infak ASN kita yang dikelola oleh kantor BAZNAS. Mari kita semua mendoakan mereka semoga mereka sehat beraktivitas sehingga potongan zakat tidak terkendala,” harapnya.*

Senada Rumalowak, Assisten II Setda Kabupaten SBT Idris Boufakar mewakili pemerintah daerah saat melakukan pemberian bantuan kepada warga berharap agar bantuan yang diberikan oleh BAZNAS Kabupaten SBT itu bisa dapat memberikan beban kepada warga yang terdampak bencana.

 “Pemberian bantuan ini untuk meringankan beban para korban bencana alam yang terjadi pada kemarin di Negeri Hotte, semoga bisa meringankan beban mereka nantinya,” kata Boufakar.

Boufakar juga mengimbau kepada warga yang berada di daerah rawan bencana, di pesisir pantai untuk tetap berhati-hati agar tidak terjadi korban bencana alam.*CNI-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.