Puskesmas Afang Kilmuri SBT Fasilitasi Lokakarya Mini Lintas Sektor

Adventorial News

Kilmury, CakraNEWS.ID– Puskesmas Afang melaksanakan lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Afang Triwulan Kedua tahun 2023 di Gedung Balai Desa Afang, Kecamatan Kilmury, Minggu (29/10/2023).

Lokakarya mini lintas sektoral kali ini berfokus pada penguatan Sinergitas dan Peran Serta Lintas Sektor Dalam Rangka Mendukung Pemantauan Status Gizi Balita di Posyandu wilayah Kecamatan Kilmury Tahun 2023.

Hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Samun Rumakabis dan staf Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas Afang Hasanudin Rumbaru, Sekretaris Kecamatan Kilmury, Babinsa, Kapospol, Kepala Desa di wilayah Puskesmas Afang, Kepala Sekolah, Kader posyandu dan Seluruh Staf Puskesmas Afang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten SBT Samun Rumakabis saat membuka kegiatan menyampaikan, pelaksanaan kesehatan dalam mencapai kesejahteraan mestinya di laksanakan secara bersama baik pihak kesehatan maupun pihak-pihak terkait.

“Pada wilayah kerja yang perlu diperhatikan salah satunya capaian program di yang harus di laksanakan baik persalinan dan pelayanan kesehatan lainya,” ungkap Rumakabis.

Wilayah kerja, kata Rumakabis, Puskesmas Afang memiliki empat lokus stunting, tentunya menjadi peran untuk secepatnya di selesaikan.

“Karena ini yang kita semua duduk berdiskusi agar kebersamaan dan kerja sama itu di tingkatkan kewaspadaan itu penting, mari bersama-sama potong pele stunting untuk kemajuan negeri,” tegas Rumakabis.

Dikatakannya, Untuk mengambil data kesehatan saat ini sudah tersedia Puskesmas dari usia kandungan sampai lansia ada semuanya tersedia tinggal di manfaatkan Puskesmas dalam sumber pembangunan desa maka semua bisa teratasi.

“Kita harus punya pendataan dan informasi yang baik untuk terus membangun negeri ini serta terus membangun sinergitas untuk pembangunan,” ucap Rumakabis.

Selain itu, Pria asal Suru itu menyampaikan, Kondisi masyarakat harus diketahui oleh pemerintah, kesehatan itu ujung dan akhir maka perlunya ada kebersamaan untuk terus meningkatkan apa yang menjadi harapan bersama.

“Kita harus mampu melihat negeri kita untuk lebih baik, maka perlu adanya kerja sama baik dari segi kesehatan dan berbagai sektor lainya,” terang Rumakabis.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Afang Hasanudin Rumbaru menekankan kepada kepala desa agar bisa ada kolaborasi dan kerja sama. Menurut Rumbaru, kesehatan sebagai monitoring sementara semuanya milik desa masing-masing.

“Kita harus menyadari kecamatan Kilmury masih terkendala karena belum punya akses darat hanya punya akses laut, maka itulah harus ada kolaborasi antara sesama untuk memajukan daerah ini,” tutup Rumbaru.*** CNI-06/Im

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *