Rabu-Rabu Market Event Inovatif Bangun Ekonomi Kreatif Masyarakat Ambon

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena memberi apresiasi atas Pagelaran Bazar Kreatif Rabu–rabu Market yang diikuti pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pattimura Park, Kamis (3/8/23).

Wattimena katakan event yang berlangsung hingga 5 Agustus mendatang tersebut merupakan hasil dari kreativitas anak – anak muda di kota Ambon yang sejalan dengan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif.

“Kita upayakan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif, yang ditujukan menggali potensi kreativitas anak muda, menjadi produk yang bisa dijual dan berdampak ekonomi bagi kota aAmbon,” kata Pj. Wali Kota didampingi Pj. Ketua TP– PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena, saat ditemui di sela – sela event.

Dirinya menjelaskan, melalui pengembangan ekosistem ekonomi kreatif, seperti yang dilakukan Rabu-rabu Market, diharapkan dapat menjadi jawaban bagi angka pengangguran yang cukup tinggi di kota ini.

“Setiap tahun ada tambahan tiga hingga empat ribu pengangguran intelektual. Pemkot terbatas dalam menyediakan lapangan kerja, oleh karena itu yang bisa kita lakukan adalah menciptakan kemandirian mereka,” bebernya.

Diakuinya Pemkot sangat mendukung penuh UMKM yang telah terbukti tetap eksis di tengah dampak resesi ekonomi. Dukungan itu antara lain diberikan lewat penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Bahkan hari ini Pemkot sementara memberikan NIB gratis kepada pelaku usaha di kota ambon untuk memacu semangat generasi muda di kota Ambon pelaku UMKM. Kami coba lakukan pendampingan, menyediakan rumah kemasan, dan membantu pemasaran dengan meminta tanggunghawab sosial jaringan retail modern untuk menerima produk UMKM,”ungkapnya.

Wattimena beharap dengan pengembangan ekosistem ekonomi kreatif untuk mengatasi masalah pengangguran, pemerintah dapat menyediakan tempat yang representatif, bagi UMKM yang rencananya akan ditempatkan pada kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Wainitu.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *