Raker Gabungan Satker Polri, Bahas Kesiapan Pengamanan Pemilu dan Pileg 2019

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kesiapan menghadapi Pemilihan Umum (PEMILU) dan Pemilihan Legeslatif (PILEG) tahun 2019, menjadi perhatian serius dari Polri beserta jajaran Kepolisian yang ada di setiap daerah di seluruh Indonesia.

Keseriusan dalam menghadapi Pemilu dan Pileg 2019, menjadi topic pembahasan Polri dalm Rapat Kerja (RAKER) gabungan Satuan Kerja (SATKER) dengan melibatkan Inspektorat Pengawasan Umum (ITWASUM) Polri, Koorps Brigade Mobile (KorBrimob) Polri, Div Propam Polri dan Staf Logistik Polri.

Kegiatan Raker gabungan Satker Polri,yang dibuka secara langsung oleh Wakil Kepala Kepolisian RI, Komjen Pol. Drs Ari Dono Sukamto, dihadiri oleh 433 peserta masing-masing, Satker Itwasum Polri berjumlah 151 peserta, Satker Kor Brimob Polri berjumlah  72 peserta, Satker Div Porpam Polri berjumlah 85 peserta, Satker Logistik berjumlah 125 peserta, Rabu (20/2/2019),pukul 07.30 WIB sampai pukul 10.30 WIB.

Untuk perwakilan dari Polda Kepulauan Riau yang menjadi peserta raker Satker Polri, diikuti oleh Irwasda Polda Kepri, Kombes Pol,Purwolelono, S.IK, MM, Kasat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Guruh Arif Darmawan, S.IK, MH, Kabid Propam, Kombes Pol,Drs I Gede Mega Suparwita, M.Si, Karo Sarpras, Kombes Pol Bekti Susilo Dewi,B.Sc.

Selaku pimpinan Raker, IRWASUM Polri, Komjen Pol, Drs Putu Eko Bayuseno, dalam arahannya mengatakan, tujuan pelaksanaan Rakor Satker Mabes Polri yang melibatkan 4 Satker tersebut adalah sebagai sarana mensosialisasikan arah kebijakan pimpinan Polri serta menyamakan presepsi diseluruh personel Polri pada masing-masing Satker ditingkat Mabes Polri bahkan sampai ke tingkat Polda yang ada seluruh Indonesia.

“Pembahasan Raker gabungan Satker Polri adalah untuk membicarakan kesiapan Polri dalam menghadapi pesta demorasi Pemilihan Umum (PEMILU) dan Pemilihan Legislatif (PILEG) tahun 2019. Pemilu tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pelaksanaan Pemilu 2019 yang dilaksanakan secara serentak. Sehingga kerawanan yang timbul pada tahapan-tahapan Pemilu bisa terjadi di tingkat nasional bahkan sampai dengan tingkat daerah. Olehnya itu dalam rangka mengaja situasi yang aman dan kondusif selama tahapan-tahapan Pemilu tahun 2019, perlu adanya komitmen bersama untuk menentukan cara bertindak metode pengamanan dan strategi pengamanan dengan mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif sebelum melakukan tindakan-tindakan penegakan humum (GAKKUM),”tutur Irwasum.

Jenderal Polri berpangkat tiga bintang emas itu mengatakan, dengan akan dilaksanakannya pesta Demokrasi di tahun 2019 kegiatan Raker gabungan tahun 2019, dari masing-masing Satker mengambil  tema yang berkaitan dengan agenda nasional Pemilu tahun 2019,masing-masing:

Satker ITWASUM Polri dengan tema “Inspektorat Pengawasan Umum Polri Yang Promoter Siap Mendukung Pelaksanaan Pengamanan Pemilu 2019”, Satker Kor Brimob Polri dengan tema “Korps Brimob Polri Yang Promoter Siap Mengamankan Pemilu 2019 Dan Menjaga Stabilitas Dalam Negeri Guna Keberlangsungan Pembangunan Nasional”, Satker Divpropam Polri dengan tema “Mewujudkan Propam Polri Yang Promoter Guna Menjamin Netralitas Dan Solidaritas Polri Dalam Rangka Menyuksekan Pengamanan Pemilu 2019”, Satker Logistik Polri, dengan tema “Slog Polri Yang Promoter Siap Mendukung Pengamanan Pemilu 2019, Guna Stabiltas Keamanan Dalam Negeri”.

“Sesuai dengan tema yang diambil, diharapkan Polri menjadi lebih promoter dan apa yang menjadi tujuan bersama yaitu tercapainya situasi Kamtibmas yang kondusif dapat terwujud,”Harapnya.

Ia mengatakan, raker gabungan Satker Polri akan dilakukan dalam bentuk pembekalan/ceramah, nara sumber dan diskusi panel.

“Pada kegiatan pembekalan/ceramah masing-masing Satker mengundang nara sumber baik internal Polri maupun nara sumber dari eksternal Polri menyesuaikan dengan tema yang diangkat,”Ungkapnya.(CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.