Rayakan Idul Adha 1440/Hijriah, Polda Maluku Berbagi Puluhan Hewan Qurban Kepada Masyarakat

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Perayaan Idul Adha 1440/Hijriah, dilakukan oleh Aparat Kepolisian Daerah Maluku, dengan mengurbankan puluhan ekor sapi dan kambing. Pemotongan puluhan hewan qurban itu berlangsung dilingkungan Masjid At-Taqwa, asrama Satbrimobda Polda Maluku, usai pelaksanaan sholat Ied, Minggu (11/8/2019).

Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, MM mengatakan, Idul Adha merupakan lebaran yang mengajarkan manusia khususnya umat Islam untuk harus iklas berqurban, sebagaimana yang ditunjukan Nabi Ibrahim A.S dan anaknya Nabi Ismail A.S.

“Lebaran Idul Adha atau juga yang sering disebut lebaran Idul Qurban, memberikan makna yang luar biasa bagi setiap manusia, untuk iklas dan sabar dalam menghadapi segala persoalan kehidupan termasuk kita sebagai anggoota kepolisian,”kata Kapolda, saat membuka acara pemotongan hewan qurban.

Orang nomor satu di Polda Maluku ini mengajak, seluruh personil untuk mengimplementasikan makna berqurban dilebaran Idul Adha kedalam tugas keseharaian polri.

“Mari kita wujudkan nilai-nilai qurban ke dalam pelaksanaan tugas kita sebagai seorang anggota polri seperti yg ada di dalam catur prasetya, dan tribrata polri.Dalam kesempatan ini juga saya (Kapolda) juga ucapkan terimakasih atas kerja sama semua pihak, dalam pelaksanaan perayaan hari raya Idul Adha Polda Maluku, hingga pemotongan hewan qurban,”tutur Jenderal bintang dua itu

Sementara itu, ketua panitia qurban Polda Maluku, AKBP Sigit Nurohmat Hidayat mengungkapkan, puluhan ekor hewan qurban yang diqurbankan saat lebaran ini, merupakan sumbangan dari Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, dan Kapolda Maluku.

“Total hewan yang kita qurbankan 32 ekor terdiri dari, sapi 22 ekor, dan kambing 10 ekor. Untuk 22 ekor sapi itu merupakan sumbangan dari pak gubernur, Kapolda, Wakapolda, sejumlah pejabat utama dan Kapolres jajaran. Sementara untuk hewan qurban kambing 10 ekor  kambing juga sumbangan dari personil dan hamba Allah (tidak mau disebutkan),”jelas Sigit yang juga menjabat sebagai Wadir Polair Polda Maluku.

Menurutnya, daging dari puluhan hewan akan disumbangkan kepada para fakir miskin, dan kaum dhuafa yang ada di kota Ambon.

“Daging hewan-hewan qurban ini akan kita berikan kepada para kaum dhuafa dan pakir miskin yang ada di 20 titik. Diantaranya, dimasjid Al Musyata-Ongkoliong, masjid Ishak Al-Hijra kompleks IAIN, TPA Baiturahman Batumerah Atas, masjid Sin Alaudin Kebun Cengkeh, masjid Ta’lim Al-Falaq, kampus Unpatty, masjid As-Syukur Aster Hative Kecil,  masjid Nurul Hidaya Kampung Oiho, masjid Ta’lim Ar-Rahman Talaga Pange dan masjid Nurul Iklas Galunggung. Kemudian Kapahaha, masjid Baiturahman Perumnas Waiheru, masjid Al-Hamid Waiheru dalam, masjid Al-Muttadin, Batumerah puncak, masjid Muhajiri Tihu, masjid Mardhotillah, masjid Djabal Isar Airsalobar, serta masjid jabal Rahmah Gunung malintang,”beber dia.

Pria dengan dua melati dipundaknya itu menegaskan, pendistribusian daging hewan qurban dilaksanakan setelah pemotongan hewan qurban usai.

“Selesai pemotongan maka langsung kita berikan kepada mereka (kaum dhuafa dan fakir miskin), yang berhak dapat sesuai dengan data yang telah ada ditangan panitia qurban Polda Maluku,”ujarnya.

Sebelum pelaksanaan pemotongan puluhan hewan qurban, dilaksana kan sholat Idul Adha di mesjid At-Taqwa, asrama polisi (Aspol) Polda, yang dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol.Drs Teguh Sarwono, Irwasda, para Pejabat Utama Polda Maluku, pengurus Bhayangkari Daerah Maluku, dan masyarakat sekitar. Bertindak sebagai Khotib adalah ustad Abdul Karim Tawaulu dan yang menjadi imam AKP (purn) Mahmud Rumakat. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *