Rekayasa Lalin Lebaran 2022 Jadi Acuan di Nataru

Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajarannya yang tergabung dalam Operasi Lilin 2022 Natal dan tahun baru mewaspadai kemacetan atau kecelakaan lalu lintas. Sigit meminta rekayasa lalin saat libur Lebaran 2022 dijadikan acuan.

“Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan penerapan contraflow dan one way pada jalur tol maupun arteri, harus dilakukan secara fleksibel,” kata Sigit saat memberi arahan di Apel Operasi Lilin 2022 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

Lebih lanjut, Sigit mengimbau seluruh petugas melakukan sosialisasi masif sebelum merekayasa lalin. Sigit juga meminta rekayasa lalin dilakukan di pelabuhan guna tidak terjadi penumpukan kendaraan.

“Selain jalur tol maupun arteri, rekayasa lalu lintas juga harus dilakukan pada Pelabuhan penyeberangan, pastikan tidak ada penumpukan kendaraan yang akan melakukan penyeberangan dengan menambah jumlah kapal, memanfaatkan pelabuhan alternatif, dan menyediakan kantong parkir yang memadai,” ucapnya.

Sigit mendorong agar masyarakat membeli tiket perjalanan secara online. Sigit meminta penyedia layanan tersebut memaksimalkan pemesanan tiket online.

“Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi umum di bandara, terminal, dan pelabuhan, lakukan pengaturan jadwal keberangkatan, dorong pembelian tiket secara online,” kata Sigit.

Selain itu, Sigit juga meminta seluruh penyedia layanan transportasi untuk melakukan pengaturan atus keluar masuk. Terakhir, Sigit menginstruksikan hajaran untuk besiaga dalam mencegah kejahatan saat nataru.

“Dan lakukan pengaturan arus keluar masuk bersama seluruh stakeholder terkait guna mengantisipasi kepadatan penumpang. Intensifkan kegiatan patroli dalam rangka sosialisasi prokes dan mencegah terjadinya kejahatan,” pungkasnya.CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *