Ribuan Warga Nahdiyin NU SP-4 Serut Kobi-Malteng, Gelar Istigosah Rotibul Hadad

Agama

Malteng,CakraNEWS.ID- Ribuan warga Nahdiyin Nadatul Ulama (NU) hadiri acara istighotsah rutin bulanan yang di selenggarakan di desa SP-4 Sariputih Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (22/2/2020)

Adapun ribuan jama’ah ini terdiri dari beberapa warga desa yang berada di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi diantaranya desa SP-4 Sariputih sebagai tuan rumah, Waiasih, Waimusi, Morokay, Marasahua, Leaway, Kobimukti, Saitele, Pasahari dan beberapa desa lainnya. Juga hadir warga nahdliyin dari Kecamatan Seram Utara Timur Seti dan warga Nahdliyin dari transmigran Kecamatam Bula Barat Kabupaten Seram Bagian Timur.

Rizal Rifa’i, selaku kordinator kegiatan dalam sambutannya dari atas mimbar memberikan apresiasi yang sangat luar biasa atas kehadiran seluruh jamaah yang tetap tergerak hatinya dengan penuh semangat sehingga tetap datang meskipun di guyur hujan tak sedikit jamaah yang berangkat dengan motor maupun dengan mobil Pickup banyak yang basah.

“Insyaalloh niat kedatangan kita hari ini akan menjadi keberkahan dan kemuliaan tersendiri bagi diri pribadi jamaah maupun masyarakat secara luas. Karena selain bertaqorrub kepada Alloh Azza Wajalla melalui lafadz lafadz istigotsah ada pertemuan sesama dulur jamaah yang pastinya akan mampu menjaga dan mengikat kita dalam eratnya tali silaturrahim sebagai Ummatan Wahidan atau ummat yang satu dan utuh,”tutur Rizal Rifai.

Hal senada di ungkapkan Muhammad Rifai dan Semi selaku koordinator kegiatan sekaligus koordinator lapangan saat bertutur kepada awak media mengatakan, selain apresiasi kepada jamaah yang datang mereka pun sangat mengapresiasi kerja seluruh rekan panitia dan warga desa yang pastinya selama beberapa hari mereka disibukkan untuk melakukan persiapan kegiatan mulai dari persiapan tempat, perlengkapan,konsumsi dan lainnya sehingga acara istigosah bisa berajalan dengan sukses walaupun tentunya ada banyak kendala yang salah satunya hujan dalam beeberapa hari terakhir.

“Alhamdulillah,sebelumnya sempat ada kekawatiran kalau rutinan Istigosah yang kali ini diminta warga SP-4 sariputih ini tidak maksimal karena hujan. padahal enggak, justru semua tenda penuh dengan jamaah bahkan sampai ada yang di luar. Ternyata Hujan memang bukan penghadang bagi kita semua mencari keberkahan dan kemuliaan hidup. Terimakasih tak terhingga kepada seluruh panitia, juga kerjasama yang baik dari seluruh pihak baik desa maupun pihak keamanan. Moga tradisi mulia keagamaan sperti ini mampu kita pertahankan sama sama dan bahkan bisa menular lebih luas lagi,” tutup Rifa’i dan Semi secara bergantian.

Hadir dalam kegiatan istigosah ada beberapa  Kepala Desa, Kapolsek, Danramil serta beberapa jajarannya. Sedang diluar tenda  beberapa anggota BANSER NU dari tiap-tiap desa Sigap di bantu aparat kepolisian melakukan penertiban dan pengamanan areal istigosah.

Di mulai pada pukul 10.00 waktu setempat acara di awali dengan pembukaan oleh pembawa acara lalu pembacaan kalam ilahi oleh santri santri TPQ dan berlanjut dengan beberapa sambutan. Adapun Dzikir dan Munajah bersama yang di lakukan adalah Istigosah Rotib Al-hadad. Semua jamaah terlihat begitu khusyu’ mengikuti bacaan demi bacaan istigotsah yang di imami oleh Ust.Mudzakir yang juga merupakan salah satu tokoh pendiri jamaah Rotib di kecamatan seram utara timur Kobi. bahkan tak sedikit dari jama’ah yang meneteskan air mata hanyut dan larut dalam pemaknaan  dzikir, munajah dan do’a-do’a.

Usai zikir acara di lanjutkan dengan pengajian singkat dan renyah namun penuh gizi yang di sampaikan oleh kyai muda Gus.Luqman dari waitila Seram Utara Timur Seti. Kurang lebih hingga pukul 12-30 WIT acara usai setelah di tutup dengan doa oleh Mbah Muhyi yang merupakan sesepuh desa sariputih SP-1,  kemudian berlanjut dengan makan siang serta pengumpulan infaq seikhlasnya dari jamaah yang nantinya hasil infaq akan di peruntukkan bagi pembangunan pesantren dan juga kas jamaah untuk pelaksanaan kegiatan rutinan selanjutnya. (CNI-05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.