Samal Bersama Rombongan Komisi Lakukan Pengawasan Bantuan di SBB

Adventorial News

Komisi II DPRD Provinsi Maluku Lakukan Pengawasan Bantuan di Kabupaten Seram Bagian Barat

Ambon, CakraNEWS.ID– DALAM rangka memastikan tersalurnya bantuan di tengah masyarakat, komisi II DPRD Provinsi Maluku melakukan kunjungan pengawasan ke kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Selasa (30/06).

“Pengawasan dilakukan dalam rangka memastikan tersalurnya bantuan sesuai kebutuhan masyarakat serta dimanfaatkan sesuai kebutuhan,” akuinya.

Dikatakan, bantuan pengawasan tersebut berupa bibit, keramba, serta alat produksi minyak kelapa bagi para kelompok tani dan Nelayan.

“Bantuan bersumber dari Anggaran Belanja Negara (APBN), dan Anggaran Belanja Daerah (APBD) Dinas Pertanian juga Dinas Perikanan dan Kelautan,” ungkap Turaya Samal wakil ketua Komisi II.

Dalam kunjungan pengawasan itu, Samal dan rombongan mendapati adanya kekurangan dan kelemahan dari bantuan yang diserahkan.

Dipaparkan, keluhan datang dari kelompok tani Sukamaju dan Situmakmur Dusun Waitoso.

Menurut warga, selama ini bantuan bibit jagung dirasa kurang dibutuhkan mengingat untuk tanaman jagung belum memiliki pasar sehingga petani tidak menanam jagung untuk dijual. Mereka lebih membutuhkan mesin panen padi.

Dari kelompok tani kelapa di Dusun Wael keluhan yang disampaikan berupa minimnya alat produksi minyak kelapa, serta ijin produk dari balai POM dan MUI.

Sedang untuk nelayan terwakilkan oleh balai perikanan di Dusun Masika Jaya. Pegawai balai mengeluhkan lemahnya daya beli nelayan akan ikan hasil produksi, akibat mahalnya harga ikan.

“Pihak balai meminta agar Peraturan Daerah tentang harga ikan di balai ditinjau kembali guna tidak memberatkan nelayan,” ungkapnya.

Pihaknya meminta dinas teknis untuk nantinya catatan terkait keluhan serta kekurangan dilapangan langsung disampaikan ke pihak masing-masing.

Pihaknya kemudian akan membantu terkait hal-hal lainnya yang dibutuhkan dari DPRD.

“Saya barusan mengingatkan untuk dinas teknis agar nantinya semua keluhan dan temuan di lapangan mohon ditindak-lanjuti kepada kepala dinas masing-masing,” pungkasnya.

Untuk diketahui, rombongan dalam komisi tersebut diataranya sekretaris komisi, Javet Djemy Pattiselanno dari Fraksi PDIP, Moh Iqbal Payapo dari Fraksi Hanura, serta Wahid Laitupa dari Fraksi PAN. *** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.