Sambangi Pos Kamling Desa Moain, Bhabinkamtibmas Berikan Himbauan Kamtibmas

Polri

Tiakur,CakraNEWS.ID-Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugasnya secara berkesinambungan sebagai upaya untuk mengantisipasi berbagai aksi kejahatan dan gangguan kamtibmas.

Selain itu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan pesan-pesan kamtibmas dan bersosialisasi dengan warga Desa binaan demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kali ini Bhabinkamtibmas Polsek Moa Lakor Aipda Rivano D. Latupeirissa melaksanakan program Bhabinkamtibmas dengan menyambangi warga terkait adanya pembentukkan pos kamling di Desa Moain Kecamatan Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya pada Rabu (07/06/2023). Pelaksanaan kegiatan sambang pada Desa binaan yang dilakukan oleh Aipda Latupeirissa adalah melalui metode Dialogis.

Hal itu sebagai bentuk komunikasi sosial terhadap warga Desa binaan, hal tersebut menurutnya sangat efektif karena dapat bertemu secara langsung dengan warganya serta dapat menerima informasi yang berkembang dilingkungan masyarakat Desa binaan terkait perkembangan situasi keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat.

Dalam prosesnya, Dirinya meminta agar warga dengan adanya pos Kamling yang sudah didirikan, kiranya dapat membantu aparat Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban dengan cara menjaga lingkungan masing-masing.

Tak lupa Bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan kamtibmas dan menghimbau warganya untuk bersama-sama Polri mencegah adanya isu-isu yang tidak benar (Hoax) yang dapat menyesatkan.

Kapolres Maluku Barat Daya (MBD) AKBP. Pulung Wietono, S.I.K. melalui Kasi Humas Polres MBD mengatakan, kegiatan Sambang yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas pada Polres MBD maupun Polsek jajaran ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung.

Dijelaskan, melalui agenda itu, Polri dapat menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas secara langsung kepada masyarakat serta menjadikannya sebagai acuan untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam upaya memelihara Kamtibmas guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Apabila kegiatan ini dilaksanakan oleh bhabinkamtibmas setiap hari, manfaat dari didirikannya pos kamling akan bertambah dimana kita akan mendapatkan mitra baru yaitu petugas Pos Kamling yang akan bersinergi dengan Polri dalam upaya meningkatkan pengawasan pada lingkungan masing-masing, “ akui Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, sesuai dengan tugas, fungsi dan peran Bhabinkamtibmas sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Kapolri Nomor 7 tahun 2021 tentang Bhabinkamtibmas, dirumuskan tugas Pokok Bhabinkamtibmas yaitu melakukan pembinaan, menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat (problem solving) dan melakukan tugas perbantuan serta melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan yang terjadi di Desa.

“Dengan melaksanakan tugas, fungsi dan peran sebagai seorang bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan di tengah-tengah masyarakat, diharapkan terus berupaya untuk menggali berbagai informasi dari warga sebagai langkah antisipasi tindak kejahatan dengan mengedepankan senyum, sapa dan salam. Dengan demikian dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, “ ujar Kapolres.

Tak lupa Kapolres mengendus tahun Politik 2024 nantinya. Dalam menghadapi tahun yang pentahapannya sudah dilakukan saat ini, Kapolres mengharapkan kepada Bhabinkamtibmas di Polres MBD maupun Polsek jajaran agar selalu bersikap netral.

“Tidak terlibat dalam politik praktis dan ikut-ikutan berpolitik yang berdampak pada Institusi Polri. “ tutup Kapolres.*** CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *