Sambut HARHUBNAS 2019, Polsek KPYS Bersama KSOP Ambon Bersih Pantai dan Laut Pelabuhan Slamet Riyadi-Pantai Mardika

Militer Polri

Ambon,CakraNEWS.ID- Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Yosudarso Ambon bersama Kesyabandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) melaksanakan gerakan bersih pantai dan laut di lokasi perairan pelabuhan Slameth Riyadi, Jln Pantai Mardika, Kecamatan Sirimau,Kota Ambon.

Informasi yang diterima CakraNEWS.ID, dari Kapolsek KPYS AKP  Teddy, SH, S.IK,melalui pesan selulernya, Kamis (12/9/2019) mengatakan kegiatan bersih pantai dan laut di wilayah pelabuhan Slameth Riyadih yang dilakukan Polsek KPYS bersama KSOP Ambon adalah dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) tahun 2019.

“Gerakan bersih pantai dan laut tersebut dipimpin langsung oleh Kepala bidang status hukum dan sertifikasi Kapal KSOP Kelas 1 Ambon Ali Sangadji, dan di damping, Saya selaku Kapolsek KPYS bersama Waka Polsek IPDA Abdul Kadir Kiat, Ketua Koperasi TKBM AmbonH. Rawidin Ode beserta Perwakilan dari beberapa Instansi antara lain, sebanyak 177 orang,” tutur Teddy

Menteri Perhubungan RI dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh  Kepala bidang status hukum dan sertifikasi Kapal KSOP Kelas 1 Ambon, Ali Sangadji mengatakan, gerakan bersih laut dan pantai dilatar belakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di Dunia.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plasik Indonesia (INAPLAS) dan Badam Pusat Statistik (BPS), sampah plastik Indonesia mencapai 64 juta per tahun. Dimana sebanyak 3,2 juta merupakan sampah plastik yang dibuang ke Laut.

“Kita tau, sampah plastik begitu berbahaya bagi keberlangsungan Ekosistem dilaut. Untuk itu Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Perhubungan bertekad dan menargetkan penurunan sampah plastik di laut hingga 75 persen pada Tahun 2025,” tutur Menhub RI.

Pelaksanaan Gerakan Bersih Laut dan Pantai ini merupakan salah satu upaya nyata Kementrian Perhubungan dalam memberikan Edukasi Masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di laut.

“Karena jika laut dan pantai bersih akan membawa perasaan kita menjadi nyaman dan senang, dan dalam jangka panjang dapat menjadi Investasi masa depan bagi generasi penerus kita,” ucap Sangadji mengutip pesan Menhub RI. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *