Sambut HUT Bhayangkara Ke-73, TNI/Polri Gowes Bersama Promosi Keindahan Pariwisata Maluku

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Ajang mempromosi pariwisata keindahan alam di Maluku dilakukan oleh Polda Maluku dan Kodam XVI/Pattimura dalam kegiatan Gowes sinegritas TNI/Polri.

Gowes TNI/Polri dengan melewati rute pelabuhan penyeberangan Feri di Waipirit hingga melaju menuju ke Pulau Osi, di Kabupaten Seram Bagian Barat, dengan jarak yang ditempuh sekitar 87 Kilo Meter itu, yang melibatkan sekitar 100 peserta tersebut,dari TNI/Polri dan masyarakat, merupakan rangkain untuk menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Polri ke-73 diperingati pada tanggal 1 Juli 2019.

“Memang salain mempererat soliditas TNI/Polri goes sinegritas ini juga untuk menyemarakan hari bhayangkara ke-73. Selain itu juga bertujuan mempromosikan pariwisata di Maluku, salah satunya pulau Osi, di SBB ini. Maluku kaya wisata tapi banyak yang belum tahu, makanya gowes yang kita lakukan ini tujuannya itu,” kata Royke, kepada wartawan di Piru, SBB, Minggu (23/6/2019)

Menurutnya, gowes merupakan olahraga yang sangat sederhana dan murah, serta miliki banyak peminat termasuk masyarakat.

“Gowes ini banyak digemari oleh masyarakat, dan sejumlah kalangan. Nah disitulah cara yang cepat dan mudah untuk mempromosikan wisata kita ini,” tuturnya.

Mantan Kakorlantas Polri ini menyebutkan  peserta yang dilibatkan dalam kegiatan gowes tersebut berjumlah sekitar 100 orang.

“Kita libatkan TNI baik AD, AL, dan AU sekitar 40 orang yang dipimpin pak Kasdam Brigjen TNI Asep  Setia Gunawan, Polri 50 orang dan masyarakat 10 orang. Masyarakat ini didalamnya ada goweser nasional juga, sehingga tidak sia-sia kita promosikan daerah ini,” paparnya.

Alumnus AKPOL 1987 ini menambahkan, dirinya akan terus melakukan kegiatan gowes diseluruh wilayah Maluku.

“Sebelumnya kita sudah lakukan gowes disejumlah kabupaten. Mungkin MBD, Malra dan Aru yang belum, tapi kedepan kita akan buat biar orang bisa tahu daerah ini,” tandasnya.

Sementara Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan mengatakan, gowes merupakan olahraga murah meriah namun sangat menyehatkan.

“Kita dukung terus langkah pak Kapolda dan Pemerintah untuk sama-sama membangun Maluku, lewat gowes ini. Gowes ini mudah, meriah dan sangat menyehatkan sehingga siapapun bisa bergabung dan ikut,”tambah Asep.

Untuk medan sendiri, orang nomor dua di Kodam Pattimura itu mengungkapkan, 87 kilometer merupakan jarang yang cukup bagus bagi para goweser.

“Medannya mantap, karena ada tanjakan dan turunan kemudian para goeser juga senang karena bisa menuju lokasi wisata,” ucapnya.

Kegiatan gowes di SBB ini, diakhir dengan bhakti sosial berupa pengobatan dan pemeriksaan gratis oleh Polda Maluku, kepada masyarakat di pulau Osi, SBB.

“Selain pengobatan dan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan penanaman puluhan anakkan pohon mangrove, dan penyerahan bantuan kepada masyarakat berupa alat olahraga,”kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol.Moh Roem Ohoirat. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *