Satgas Yonif RK 136/TS Bersama Puskemas Tehoru-Malteng, Beri Pelayanan Kesehatan dan Bagi Sembako Kepada Masyarakat Dusun Ekano

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Keterbatasan fasilitas dan infrastruktur kesehatan yang kurang memadai, membuat masyarakat Dusun Ekano, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah tidak mampu mengobati penyakit yang diderita oleh mereka.

Tidak heran, Dusun Ekano, yang dihuni oleh 70 jiwa penduduk dan dipimpin oleh salah seorang Kepala suku tersebut sering mengeluh dengan berbagi penyakit yang diderita mereka namun tidak satu pun petugas kesehatan yang ditempatkan di Dusun tersebut. Masalah kesehatan yang dialami oleh masyarakat Dusun Ekano tersebut,akhirnya menarik perhatian personil kesehatan Satgas Yonif RK 136/ TS, yang berniat untuk mengobati warga dusun tersebut  dari sakit.

Dibantu dengan tenaga medis dari Puskemas dan Babinsa Tehoru, personil kesehatan Satgas Yonif RK 136/TS, mulai bergerak menuju ke tempat pemukiman warga Dusun Ekano dengan menempuh jarak sekitar 20 menit menggunakan kendaraan dari Kecamatan Tehoru dan berjalan kaki selama 30 menit menuju Dusun tersebut, dikarenakan akses jalan dan listrik menuju Dusun Ekano belum ada.

“Di Dusun Ekano tidak ada fasilitas kesehatannya, sehingga hal itulah yang menumbuhkan niat kami dari tenaga kesehatan Satgas Yonif RK 136/TS, untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga di Dusun Ekano. Untuk menempuh Dusun Ekano tidaklah mudah, kami bersama dengan petugas medis dari Puskesmas Tehoru yang dipimpin oleh Ongen, dan Babinsa Tehoru Serda Nurdin harus menempuh waktu selama 20 menit menggunakan kendaraan dari Kecamatan Tehoru dan berjalan kaki selama 30 menit menuju Dusun tersebut, dikarenakan akses jalan dan listrik menuju Dusun Ekano belum ada,” ucap Danpos Tehoru Letda Inf M.P.Manalu dalam rilisnya kepada Wartawan,Kamis (27/6/2019)

Ia mengatakan, pelayanan ksehatan yang diberikan oleh Satgas Yonif RK 136/TS, bersama petugas medis dari Puskemas Tehoru dan Babinsa Tehoru, merupakan bentuk kedekatan yang dibangun oleh TNI sebagai bagian dari rakyat dan turut merasakan penderitaan yang dialami oleh masyarakat Dusun Ekano.

“Kegiatan yang kami lakukan ini adalah sebagai bentuk kedekatan kami dengan warga Dusun Ekano, mengingat Dusun tersebut masih berada di wilayah penugasan kami. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Kesehatan dari Puskesmas dan Satgas Yonif RK 136/TS banyak ditemukan keluhan penyakit yang diderita oleh warga diantaranya diare, gatal-gatal, gizi buruk dan Polio,” tutur Manalu.

Ia mengatakan, selain memberikan pelayanan pelayananan kesehatan,Tim Kesehatan dari Puskesmas dan Satgas Yonif RK 136/TS juga membagikan sembako, dengan satu harapan dapat meringankan bebeban dari masyarakat yang ada di Dusun Akeno.

“Kami bukan hanya memberikan pelayanan kesehatan saja, melainkan juga membagikan sembako kepada warga Dusun Ekano, kami berharap pelayanan kesehatan yang kami berikan ini dapat mengurangi sakit yang diderita oleh warga Dusun Ekano,” Pungkasnya.

Kepala Suku Ekano Bapak Teteseran dan warga Dusun menyambut baik kegiatan ini, mengingat bahwa di Dusun tersebut masih banyak warga yang menderita berbagai penyakit.

“Kami seluruh warga Dusun Ekano mengucapkan banyak terimakasih kepada Satgas Yonif RK 136/TS, Puskesmas dan Babinsa Tehoru atas kepeduliannya terhadap kami. Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan, karena di Dusun kami belum memiliki fasilitas kesehatan dan banyak warga yang menderita berbagai jenis penyakit,” ucap Teteseran. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *