Sinergritas TNI/Polri dan Masyarakat, Di Kepri Siap Sukseskan Pemilu 2019

Militer

Kepri,CakraNEWS.ID- Apel kesiapan TNI-Polri dan dan komponen bangsa lainnya  dalam mengamankan Pemilu 2019 secara serantak dan masif diseluruh wilayah Indonesia, baik ditingkat Provinsi, Kabupaten Kota dengan tema “Tingkatkan Sinergitas TNI- Polri Dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan Kamdagri Kondusif” dilakukan  Polda Kepulauan Riau dengan pengaturan sebagai berikut.

Apel kesiapan pengamanan TNI-Polri dan komponen masyarakat, dilakukan Polda Kepri dan Polresta Barelang berlangsung di lapangan Tumengggung Badul Jamal, Kecamatan Sungai Bedu, Kota Batam, dipimpin langsung oleh  Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.IK, selaku Inspektur Upacara yang didamping Lantamal IV Tanjung Pinang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arsyad Abdullah dengan komandan apel, AKBP, Budhi Rayadi,S.Pd.

Apel kesiapan tersebut melibatkan sebanyak 15.743 orang, terdiri dari, Pamen, Pama, Bintara TNI dan Polri(Gabungan Personel Polda Dan Polresta Barelang)  sebanyak 2.770 peserta, terdiri dsari Potmas (Satpam, Saka Bhayangkara, Satpol PP, Ditpam, Pelajar SMU, Senkom, Dishub, Damkar, Dinkes, Basarnas, FKPPI, Pemuda Pancasila, KBPPP, IPK) sebanyak 7.045 orang, serta Linmas sebanyak 5.928 orang. Kegiatan diselingi dengan penampilan atraksi dari Drumband Satpam Polda Kepri dari PT Putra Tidar Perkasa.

Sedangkan apel upacara kesiapan dalam mengamankan Pemilu 2019  TNI-Polri dan kompenen masyarakat  olehPolres Tanjungpinang,  dengan inspektur upacara dipimpin langsung oleh Kapolres, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, S.IK,MH dan didampingi oleh, Dandim 0315/Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa, dengan komandan apel, Kasat Pol Air IPTU Ryan Tryputra, S.IK bertempat di lapangan Pamedan Tanjungpinang dan melibatkan sebanyak 634 peserta

 Apel kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2019, TNI-Polri dan komponen masyarakat oleh Polres Bintan di pimpin langsung oleh, Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos, dan didamping Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, S.IK, M.Si. Dengan melibatkan 1.300 peserta,  bertempat dilapangan sepakbola Demang Lebar Daun, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

Apel kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2019, TNI-Polri dan komponen masyarakat oleh Polres Karimun, dipimpin oleh Kapolres, AKBP Hengky Pramudya, S.IK, dengan perwaira upacara, Kompol Mukharom dan bertindak selaku komandan, Iptu Eko,S.IK

Total keseluruhan peserta apel aelar pasukan sebanyal 1.874 Peserta, dan berlangsung di  Costal Area, Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun

Apel kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2019, TNI-Polri dan komponen masyarakat oleh Polres Lingga, dipimpin langsung Kapolres, AKBP Joko Adi Nugroho, S.IK, MT dengan perwiea apel, Rusdwiantoro, dan komando apel, Ipda Ardiansyah, S.H

Total keseluruhan peserta apel aelar pasukan, sebanyak 600 peserta, bertempat di lapangan Merdeka Dabo Singkep

Apel kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2019, TNI-Polri dan komponen masyarakat oleh Polres Natuna,dipimpin oleh Dandim 0318/Natuna, Letkol Czi Ferry Kriswardana, S.Sos, MTr (Han) dengan perwira apel, Kabag Ops Polres Natuna Kompol Elfizar dan komandan apel, Kasat Tahti Polres Natuna Ipda Khairul

Total keseluruhan peserta apel gelar pasukan sebanyak 550 peserta, bertempat di Pantai Kencana, Jln Soekarno Hatta, Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna

Apel kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2019, TNI-Polri dan komponen masyarakat oleh Polres Anambas, dipimpin oleh Kapolres,AKBP Joko Adi Nugroho S.IK, MT.

Total keseluruhan peserta apel gelar pasukan sebanyak 350 peserta, bertempat di Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Enam penekanan Menkopolhukam dalam sambutan tertulis apel gelar pasukan pengamanan TNI-Polri dan komponen bangsa pada pemilu serentak tahun 2019, yang dibacakan oleh Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK, diantaranya:

Pertama, pahami bahwa tugas pengaman Pemilu serentak tahun 2019, adalah kehormatan  dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun, sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapat balasan Pahala  dari Tuhan Yang Maha Esa bila dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas.

Kedua, jalin sinergitas antara unsur Pemerintah,TNI-Polri  dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan kemanan dan kelancaran pelaksanaan  tugas.

Ketiga, segera kenali, cari, temukan dan atasi serta menetralisir potensi kerawanan agara tidak berkembang dan menggangu penyelenggara Pemilu serentak  tahun 2019.

Keempat, Tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku terhadap pihak-pihak yang mencoba menggangu kelancaran Pemilu  tahun 2019

Kelima,Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus mampu ikut serta  menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita Hoaxs, serta menguatnya politik identitas yang dapat menggerus dis-integrasi bangsa.

Keenam,inventarisir  dan berkoordinasi dengan Tokoh Agama,Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta Tokoh Masyarakat, untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman. (CNI-01)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.