Taklukan Laut Maluku Dengan Jetsky, Kapolda Maluku Raih Penghargaan Dunia Dari MURI

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Sebuah kebangga terbesar bagi Polri, berhasil ditorehkan oleh Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Drs Royke Lumowa yang berhasil  menerima piaga rekor dunia  dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Penyerahan penghargaan dari MURI yang diberikan langsung oleh Manager Operasional MURI Andre Purwondo SS, kepada Kapolda Maluku dihadapan Forkopimda Maluku pada saat acara malam pergantian tahun 2019 ke 2020 di Lapangan Merdeka Ambon Selasa (31/12/19).

Serta disaksikan secara langsung oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Pangdam XVI/Patimura Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, Danlantamal IX Ambon Laksma TNI Budi Purwanto, Kabinda Maluku, Pejabat TNI Polri, Pemprov dan masyarakat Ambon yang hadir menikmati malam pergantian tahun.

 

Penghargaan dari MURI kepada Kapolda Maluku tersebut, atas dedikasi sebagai seorang Bhayangkara Polri yang menjalankan tugas kunjung kerja ke berbagi Porles dan Polsek jajaran yang ada di Pulua-Pulau terluar, melalui lautan dengan menggunakan Jetsky.

“MURI sudah melakukan verifikasi data baik di MURI sendiri maupun data rekor dunia, sampai saat ini belum ada yang menyamai rekor tersebut sehingga apa yang dilakukan Kapolda Maluku layak diberikan penghargaan rekor dunia,” Manager Operasional MURI Andre Purwondo SS.

Selain dari MURI, prestasi Kapolda Maluku tersebut juga mendapat penghargaan dari Pemkot Ambon yang diserahkan oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail pada momen malam pergantian tahun tersebut.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Drs. Mohamad Rum Ohoirat kepada  Wartawan, Rabu (1/1/2020) menjelaskan, penghargaan yang diberikan MURI tersebut terkait Patroli Sambang Pulau terluar ddan terpencil yang dilakukan Kapolda Maluku yang dimulai tanggal 25 November 2019 sampai dengan tanggal 2 Desember 2019

“Bapak Kapolda melakukan patroli dengan Jetsky dari Ambon kemudian ke Pulau Banda, Pulau Kur, Pulau Dula (Kota Tual), pulau Larat, Pulau Yamdena (Saumlaki), pulau Babar, pulau Moa, pulau Wetar, Lirang, hingga ke pulau Atauru yang merupakan wilayah negara Timor Timur. Total jarak yang ditempuh 1300 Nautika Mile atau hampir sama dengan 2408 Km. Jarak tersebut bila datarik garis lurus hampir sama dengan jarak dari Ambon ke Jakarta.  Bapak Kapolda yang nyetir sendiri jetsky menempuh jarak tersebut tanpa diganti oleh orang lain,”ungkap Kabid Humas Polda Maluku.

Perwira tiga melati itu mengatakan, patroli laut yang dilakukan oleh Kapolda Maluku dengan menggunakan Jetsky mengarungi lautan Maluku tersebut adalah untuk melihat secara langsung keadaan masyarakat, anggota Polri yang sedang tugas di pulau-pulau tersebut serta situasi keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan NKRI. Serta wujud kecintaan Kapolda kepada Provinsi Maluku yang 93 %  luasnya merupakan wilayah laut.

“ Pa Kapolda tidak menyangka bahwa apa yang dilakukan tersebut akan tercatat dalam  rekor dunia, karena apa yang dilakukan semata-mata adalah panggilan tugas dan tanggung jawab sebagai pimpinan Polri di Maluku. Namun demikian  Pa Kapolda mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut,”tutur Ohirat. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *