Temui Kapolda Kepri, Ketua KPU Bahas Koordinasi Penanganan Masalah Pemilu 2024

Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Koordinasi penanganan masalah-masalah penting, demi suksesnya penyelenggaraan pelaksanaan pemilihan umum (PEMILU) 2024, di Provinsi Kepulauan Riau, terus di tingkatan Komisi Pemilihian Umum ( KPU) Kepri  Bersama Polda Kepri.

Koordinasi tersebut,dilakukan Ketua KPU Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi, beserta staf dengan melakukan silatuhrami ke mapolda Kepri.

Kehadiran Ketua KPU Kepri Bersama staf ke mapolda, di sambut dan diterima Kapolda Kepri, Irjen Pol.Yan Fitri Halimansyah yang di damping Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Asep Safrudin, Pejabat Utama Polda Kepri, bertempat di ruang kerja Kapolda Kepri, pada Kamis (11/01/2024).

Dalam pembahasanya, Kapolda Kepri mengatakan, terkait data pemilih yang tidak memilih, didapatkan data mencapai hampir 70 persen.

“Polda Kepri mengharapkan pelaksanaan Pemilu 2024 yang berlangsung di Provinsi Kepri, dapat lebih baik dan memberikan peningkatan dari pemilu sebelumnya,” pinta Kapolda.

Kapolda mengatakan, rata-rata dari hasil data pemilih yang tidak melaksanakan pemilihan berasal dari pendatang.

“Kami akan melakukan upaya maksimal untuk meningkatkan partisipasi pemilih, terutama menghadapi tantangan Hari Imlek pada tanggal 14 Februari. Saya akan menghimbau agar masyarakat yang merayakan Imlek dapat mendahulukan untuk memilih di TPS,”harapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPU Kepri, dalam perbincangannya mengatakan, terkait persiapan Pemilu 2024, KPU Kepri masih menunggu petunjuk dari pusat terkait kampanye DPD dan DPRD serta upaya intensif untuk mengatasi penyebaran berita hoaks berdasarkan pengalaman pada pemilu sebelumnya.

“Kami berupaya semaksimal mungkin dalam Pemilu tahun ini. Harapannya, persentase partisipasi pemilih dapat meningkat di atas 80%. Kami akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Disduk Capil, untuk memastikan segala persiapan berjalan lancar,” ujar Ketua KPU Kepri

KPU Kepri, kata Indrawan, berfokus pada strategi dengan mitigasi yang tepat, menjaga koordinasi yang baik dengan pihak kepolisian dan jajaran terkait lainnya untuk menjaga keamanan selama proses pemilihan.

“Kami juga menegaskan terkait netralitas dan kesiapan kami dalam mengantisipasi berita buruk demi menjaga kenyamanan selama pemilu,”tegasnya.

Ia berharap dengan adanya koordinasi yang baik antara KPU Kepri, pihak kepolisian, dan instansi terkait, diharapkan Pemilihan Umum di Kepulauan Riau dapat berjalan aman, damai, dan sukses.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *