Tuasikal Optimis Studi Banding DPRD Kota Tual Di Malteng, Ajang Mempererat Silaturahmi

Pemerintahan

Malteng,CakraNEWS.ID- Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua,SH optimis kunjungan kerja (kunker) dalam rangka studi banding yang di lakukan pimpinan dan anggota DPRD Kota Tual di Kabupaten Maluku Tengah merupakan ajang untuk mempererat silaturahmi antara Pemerintah Daerah Kota Tual dan DPRD Kota Tual dengan Pemerintah Daerah, DPRD maupun Masyarakat di bumi Pamahanunusa.

“Saya (Tuasikal Abua) mewakili pemerintah daerah dan masyarakat malteng berterima kasih dan menyambut baik kehadiran bapak ketua DPRD Kota Tual  Bpk. Hasan Sayrifudin Borut, SE, Wakil Ketua DPRD Bpk. Ali Mardana, SE, Wakil Ketua DPRD Kota Tual : Ibu Fitri Rahma A.R. Notanubun, SE dan para anggota DPRD Kota Tual di kota Masohi yang merupakan ibu kota Kabupaten Maluku Tengah,” ungkapkan bupati Tuasikal Abua, SH dalam sambutannya yang di bacakan Assisten I Setda Malteng saat menerima Kunker sekaligus studi banding DPRD Kota Tual yang di laksanaka dilantai III kantor bupati Malteng,”Rabu (8/6/2022).

Dikatakannya bahwa, kunker dan studi banding ini selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai studi komparasi untuk mengetahui berbagai informasi, inovasi yang diterapkan di Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam berbagai bidang pembangunan berbasis kemasyarakatan.

“Pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tengah dalam mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan melalui penjabaran RPJMD Tahun 2017-2022 melalui berbagai program prioritas pada seluruh OPD yang diharapkan dapat mendukung prioritas provinsi dan nasional serta menjawab berbagai permasalahan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang di hadapi,”Ucapnya.

Sejalan dengan itu Tuasikal mengatakan, Pemda Malteng telah melaksanakan berbagai Program terobosan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017-2022 yakni e-Government.

Ini difokuskan pada peningkatan pelayanan dasar kepada masyarakat sehingga diharapkan dapat menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih yang bermuara pada kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, timpalnya.

“Kami sangat bersyukur karena di tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kabupaten Maluku Tengah, daerah ini terus mengalami berbagai kemajuan serta pencapaian positif dalam bebagai bidang walaupun dalam keterbatasan anggaran melalui kebijakan refocusing anggaran oleh pemerintah pusat,”Ujarnya.

Lanjut dikatakan-nya, Pemda dan DPRD maupun masyarakat Malteng juga terus mengejar ketertinggalan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat menuju Maluku Tengah yang sejahtera dan berkeadilan dalam bingkai hidup orang basudara.

“Pencapaian ini pun terwujud atas konsolidasi dan sinergitas yang sangat baik antara Pemerintah Daerah, Legislatif, TNI/POLRI, Instansi Vertikal, Swasta bahkan seluruh masyarakat Kabupaten Maluku Tengah sehingga mampu meningkatkan potensi dan inovasi daerah,”Ucapnya.

Menurutnya bahwa hal ini jelas terlihat dari berbagai pencapaian Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah yang berhasil memperoleh apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Maluku, dalam berbagai bidang di antaranya Penghargaan Opini WTP dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah selama 7 tahun berturut-turut, serta kemajuan perkembangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencerminkan capaian kemajuan di berbagai bidang.

Beberapa pencapaian jelas orang nomor satu di Malteng ini bahwa Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah juga masih banyak memiliki kekurangan dan ketertinggalan yang harus terus diupayakan.

“Untuk itu pada waktunya nanti saya mempersilahkan Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tual untuk berdialog secara langsung dengan para Pimpinan OPD yang turut hadir saat ini guna mengetahui berbagai cara, pandangan dan pola pikir Pemda malteng dalam pembangunan daerah,”Pintanya.

Saya berharap agar kunker dan studi banding yang di lakukan pimpinan dan anggota DPRD kota Tual di Malteng  akan memberikan kontribusi bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan pada segenap sektor di kota Tual sehingga harapan seluruh masyarakat di Kota Tual akan terwujud demi pencapaian kesejahteraan,” harapnya. * CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *