Tuntas Kesiapan MBE, Produk Asli Maluku Siap Warnai Mall Ratu Indah Makassar

Adventorial News

Makasar, CakraNEWS.ID– PUNCAK event Maluku Baileo Exhibition (MBE) 2022 digelar di Mall Ratu Indah kota Makassar hari Jum’at besok.

Berbagai persiapan event hasil kerja sama pemerintah provinsi Maluku, Dekranasda Provinsi Maluku dan HIPMI Maluku itu telah dirampungkan.

Tak tanggung tanggung, lebih dari 50 Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) didatangkan dari Maluku untuk memerkan produk unggulannya.

Pantauan media ini di Makassar, Kamis (03/02) ketua Panitia Maluku Baileo Exhibition 2022 M. Azis Tunny turun langsung memastikan kesiapan crew di Mall Ratu Indah jalan Dr. Sam Ratulangi nomor 35 kota Makassar.

Perihal event tersebut, Azis Tunny yang juga merupakan ketua umum HIPMI Maluku menegaskan, UMKM Maluku sudah saatnya ambil peran pengendalian ekonomi kerakyatan.

Dikatakan, provinsi Maluku mempunyai potensi unggulan di bidang Kelautan dan Perikanan bidang Pariwisata, Bidang Pertanian/Perkebunan, dan Bidang Pertambangan.

Dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, potensi tersebut harus mampu dikembangkan menjadi peluang untuk mendorong minat pelaku usaha dalam berinvestasi.

“Event ini, kiranya menjadi wadah yang tepat untuk memperkenalkan potensi kekayaan Maluku yang telah dikelola jadi produk-produk unggulan oleh puluhan UMKM di Maluku,” ungkapnya.

Tunny menejelaskan, strategi yang akan dilakukan dalam pengembangan UMKM itu dapat melalui Pemberdayaan usaha mikro dan kecil, baik dari aspek modal, pasar maupun aspek hilirisasi produk (Pengolahan, Packaging standardisasi label halal dan lain-lain).

“Strategi lain yakni Penyelenggaraan Promosi potensi dan peluang investasi produk-produk hasil UMK. Seperti yang akan kita gelar dalam event MBE besok,” ungkapnya

Dipaparkan, event hasil kolaborasi akbar ini mengagendakan dua kegiatan besar.

Pertama Pameran (Expo) Produk 65 UMKM dan kedua Forum Bisnis dan Investasi di Hotel Four Point by Sheraton Makassar.

Sasaran utama kata Tunny yakni, terciptanya pasar bagi para pelaku UMK di Maluku. Meningkatnya pendapatan UMK yang bemuara pada peningkatan kelas UMK.

“Dari sini kita dorong dan kampayenkan, Maluku sebagai surga bagi para investor. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi, terciptanya lapangan kerja yang bermuara pada penurunan angka kemiskinan,” Pungkasnya.***CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *