Turnamen HBN CUP 2021 Kelaba, Menumbuhkan Sportifitas Dan Sebagai Ajang Silaturahmi

Olahraga

SBT,CakraNEWS.ID- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Sidik Rumalowak menutup secara resmi turnamen Mini Soccer Hari Bela Negara (HBN) Cup 2021 Kelaba, yang digelar di Lapangan Tadora Desa Administratif Kelaba, Kecamatan Kiandarat, Kamis (03/2/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Sidik Rumalowak, menyampaikan apresiasi atas digelarnya turnamen tersebut. Menurutnya, selain sebagai ajang bagi generasi muda dalam menunjukan bakatnya dibidang olah raga, event tersebut juga bisa menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Kiandarat, Tutuk Tolu dan Siritaun Wida Timur serta meningkatkan imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan dalam rangka menangkal penularan Covid-19.

“Atas nama Pemerintah Daerah melalui Dinas teknis meminta permohonan maaf yang sebesar-besarnya bahwa kemungkinan faktor olahraga ini kami belum mampu menggenjot semampu yang diharapkan untuk kita semua, bahwa di Dinas Pendidikan jika diurutkan ada empat hal besar yang tidak bisa di percepatan dengan hanya membalik telapak tangan, pertama persoalan pendidikan tentang insfratruktur, kekurangan guru, mutu pendidikan, serta adat istiadat yang menjadi target dinas pendidikan saat ini,” jelas Rumalowak.

Dikatakan Rumalowak, untuk tahun ini Dinas Pendidikan akan membangun ciri khas budaya yang saat ini menjadi identitas budaya Kabupaten SBT dengan membangun rumah adat Negeri Amarsekaru dan rumah adat Negeri Waru di bangun di tahun 2021.

Ditambahkan Rumalowak, Di bidang olahraga Kabupaten SBT tidak pernah tertinggal dimana animo masyarakat yang pesat untuk olahraga khususnya pesepak bola saat ini Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Asprov PSSI Maluku dan Perwasitan Provinsi Maluku untuk melakukan lisensi kepada sejumlah wasit yang ada di Kabupaten SBT.

“Saat kami bekerja sama dengan Asprov PSSI Maluku saat ini kami hadirkan salah satu tim sepak bola Bula United yang sudah terdaftar di PSSI Provinsi Maluku, ini berarti adik-adik yang berlaga di kampung-kampung suatu kelak akan mempunyai kesempatan untuk bisa mendapatkan peluang dan berlaga serta sejajar dengan tim lain yang ada di Maluku,” ungkapnya.

Menurut Rumalowak, Pelaksanaan pertandingan ini diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi diantara club sepakbola yang bertanding.

“kepada seluruh club sepakbola yang telah bertanding kami sampaikan bahwa pertandingan ini tidak semata-mata mencari menang atau kalah, namun lebih dari itu dengan olahraga kita akan mendapatkan manfaat sehat jasmani dan mental yang kuat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HBN Cup Samad Kelsaba menyampaikan, agar kegiatan yang di gelar terus dilaksanakan dan menjadi kegiatan tahunan untuk mencari bibit pesepak bola di Kabupaten SBT.

“Semoga kegiatan ini wajib dilakukan tahunan di tiga kecamatan yakni Kiandarat, Tutuk Tolu dan Siritaun Wida Timur yaitu HBN Cup,” ucap Kelsaba.

Lanjut Kelsaba “Ucapan terima kasih mewakili panitia untuk seluruh masyarakat Kiandarat, Tutuk Tolu dan Siritaun Wida Timur yang telah membantu menyukseskan kegiatan HBN Cup tahun 2021 ini yang menjadi harapan untuk membangun olahraga di Kabupaten SBT,” ucap Kelsaba.

Mengakhiri Laporanya Kelsaba, mengucapkan selamat kepada para tim yang akan meraih juara sepak bola HBN Cup 2021 Desa Kelaba ini semoga prestasi ini bisa di pertahankan.

“Kepada yang belum berhasil dalam pertandingan ini agar terus meningkatakan kwalitas permainan sehingga mampu berprestasi pada event serupa di tahun tahun berikutnya,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Raja Negeri Kiandarat Abdul Razak Weul Artafella dalam sambutannya menyapaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada segenap panitia dan semua pihak yang telah berperan dalam mensukseskan terlaksananya turnamen Sepak Bola HBN Cup Tahun 2021 dalam rangka memeriahkan Hari Bela Negara Ke- 73.

“Satu pelajaran yang bisa kita petik melalui turnamen ini, khususnya bagi seluruh pecinta sepak bola, bahwa yang paling siaplah yang akhirnya bisa mencapai prestasi optimal. Dalam pengertian, kesebelasan yang berlatih dengan keras dan disiplin yang tinggi, yang ditangani secara professional dan berdedikasi tinggilah yang pada akhirnya akan tampil sebagai juara,” ucapnya.

Untuk diketahui, pada pertandingan itu pemenang juara I diraih oleh Rumadan City FC dan juara II dimenangkan oleh Liantasik FC. Selain itu, Pada momentum penutupan tersebut juga di meriahkan oleh salah satu penyanyi lokal asal Kabupaten SBT Rasniati Kamala/Rumadaul dan Marching Band SR Beban Lean SMP Negeri 11 SBT,

Tampak hadir pada pertandingan tersebut, selain Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBT Sidik Rumalowak, juga turut hadir Anggota DPRD SBT Asis Keliandan dan Istri, Raja Negeri Kiandarat Abdul Razak Weul Artafella dan Istri, Perwakilan Asprov PSSI Kabupaten SBT, Kapospol Kiandarat, Babinsa Kiandarat dan Tim yang bertanding serta undangan lainya.***CNI-07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.