Wakil Bupati Lepas 111 Jamaah Haji Asal Kabupaten SBT

Adventorial News

Bula, CakraNEWS.ID– Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur, secara resmi melepas 111 Jama’ah Calon Haji asal Kabupaten SBT musim Haji Tahun 1444 H / 2023 M, di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan Kabupaten SBT, pada Selasa (13/6/2023). Sementara proses pemberangkatan dari Bula menuju Bandara Kufar pada Rabu (14/6/2023) dipusatkan di Masjid Raya Al-Ikhwan Bula menuju Bandara Kufar untuk diberangkatkan ke Ambon.

Turut hadir, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Ketua Tim Penggerak PKK SBT Ny. Yulia Misa Keliobas, Pimpinan dan Anggota DPRD SBT, Kapal Kantor Kemenang SBT, Perwakilan Polres SBT, Perwakilan Dandim, Pimpinan OPD Lingkup SBT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Keluarga yang ikut mengantarkan Jemaah Calon Haji.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten SBT Basri Rumatiga dalam laporannya menyampaikan, Pelaksanaan Ibadah Haji yang di laksanakan harus di kelola dengan mengutamakan kepentingan jama’ah agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman dan lancar.

Rumatiga yang juga Kabag Kesra Kabupaten SBT itu menyebutkan, Jama’ah calon haji Kabupaten SBT berjumlah 111 orang yang telah melakukan pelunasan dan siap untuk diberangkatkan dalam melakan ibadah haji.

Dikatan Rumatiga, dari katagori 111 orang jamaah calon haji tahun 2023 yang akan di berangkatkan antara lain jama’ah calon haji laki-laki berjumlah 48. Sementara kategori jama’ah calon haji perempuan sebanyak 63 orang.

Sementara dalam sambutan Bupati SBT yang di bacakan Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur diantaranya menyampaikan Jama’ah calon haji akan menunaikan ibadah yang sangat mulia, ibadah yang tidak semua umat islam di berikan kesempatan untuk menjalankannya yaitu ibadah haji.

Dijelaskan Wakil Bupati, dalam mencermati pelaksanaan ibadah haji beberapa tahun terakhir untuk kesempatan bagi seseorang sangat terbatas dikarenakan umat islam dalam melaksanakan ibadah haji jauh lebih besar dari pada kouta yang di berikan.
“Banyak yang diantara kita meskipun mampu dan memenuhi syarat bahkan mendaftar tetapi tahun ini belum dapat menunaikan rukun islam yang kelima tersebut,” kata Bupati dalam sambutnaya yang di bacakan Wakil Bupati Idris Rumalutur.

Lanjut Rumalutur, meminta kepada petugas yang mendampingi jemaah haji agar selalu memantau dan memeriksa keadaan jemaah yang berusia lanjut serta berpesan kepada jemaah haji Kabupaten SBT agar selalu menjaga kekompakan antar satu sama lainnya, baik antar jemaah dalam daerah maupun luar daerah dan juga menjaga kesehatan selama beribadah di tanah suci.

Sementara itu, Kepala Kemenag SBT H. Muhammad Jen Tepinalan dalam sambutannya menyampaikan kepada calon jama’ah haji dalam melaksanakan ibadah haji bukan karena di dorong oleh hal-hal yang sifatnya tidak di inginkan seperti ingin di puji antar sesama atau mencari harta kekayaan. Tapi pelaksanaan ibadah haji, kata Tepinalan karena didorong oleh iman dan rasa takwa kepada Allah SWT.

“Pelaksanaan ini di dorong karena Allah SWT, atas kelimpahan rezki yang mengikat kepada kita semoga bapak-bapak dan ibu-ibu dalam menunaikan ibadah haji ini selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat di halaman kampung Bapak Ibu sekalian,” kata Tepinalan.

Diakhir acara pihak panitia melalui tim kesehatan membagikan kartu kesehatan dalam bentuk Id Card untuk di bawahkan oleh para calon jama’a haji mulai dari tanah air Indoesia hingga sampai di tanah suci nantinya.

Sebagaimana peraturan yang berlaku, jemaah haji yang telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pembinaan kesehatan dinyatakan istitaah dibuktikan dengan kartu kesehatan jemaah haji (KKJH).

Kartu kesehatan jemaah haji merupakan kartu identitas bagi jemaah haji yang memuat informasi Kesehatan seperti rekam medis, vaksinasi, dan riwayat pembinaan kesehatan jemaah haji. Didalam kartu ini dilengkapi barcode dan QR code yang bisa digunakan bagi tenaga kesehatan untuk mengakses informasi kesehatan dari jemaah haji sesuai nomor porsi melalui aplikasi tele-petugas.*** CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *