Waspadai Virus Corona, Kapolresta Barelang Himbau Jajaran Tingkatkan Pengawasan Objek-Objek Vital di Kota Batam

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Antisipasi terhadap wabah virus corona yang mematikan, menjadi perhatian serius dari jajaran Kepolisian Resort Kota Baraleng. Hal ini disampaikan Kapolresta Barelang,Kombes Pol Prasetyo Rachmat Purboyo,S.IK,MM, saat memberikan arahan apel pagi yang berlangsung di Mapolresta Barelang, Senin (27/1/2020).

“Selaku Kapolresta Barelang, Saya meminta kepada seluruh jajaran personil Polresta Barelang untuk mewaspadai adanya penyebaran virus Novel Coronavirus (2019-nCov) atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona. Virus ini belum ada obatnya,”himbau Kapolresta.

Perwira tiga melati itu mengatakan,sebagai Kota Wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan luar negeri, proses pemeriksaan terhadap wisatawan asing perlu ditingkatkan oleh personil Polresta yang bertugas di tempat-tempat objek vital. Hal perlu dilakukan oleh jajaran personil Porlesta Barelang, mengingat virus tersebut berasal dari Wuhan China, dan Batam sendiri populasi suku Tionghua (china) cukup besar, sehingga pada perayaan Imlek tahun ini tidak menutup kemungkinan    dari mereka ada yang pergi berkunjung keluarga maupun hanya sekedar wisata ke Negeri China dan pulang bisa jadi mengajak famili maupun rekanan ke Indonesia.

“Virus corona diketahui pada akhir tahun 2019 yang lalu, blm genap sebulan disinyalir telah menjangkiti lebih dari 1.300 orang dan 41 orang di China telah meninggal dunia dan menyebar ke 12 Negara, Alhamdulillah Batam masih aman,” tutur Purboyo.

Purboyo juga memberikan tips kepada para personil agara terhindar dari virus corona dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti mencuci tangan setelah beraktifitas, gunakan masker saat batuk /pilek agar segera ke dokter, serta komsumsi gizi seimbang, rajin berolah raga, hindari komsumsi daging yang tidak masak, berhati-hati kontak dengan hewan, hindari kontak dengan penderita ISPA dan istirahat cukup

“Kepada anggota yang dilapangan khususnya di Pelabuhan Batam Center, Harborbay, Sekupang serta Bandara hang nadim, agar membantu petugas terkait untuk mengawasi keluar masuknya wisman, khususnya yang belakangan berkunjung ke Negara China, bantu awasi pemantauan termal scenner (alat pendeteksi suhu tubuh) serta melaporkan kepada pimpinan jika ditemukan orang yang terdeteksi  gejala virus corona,”Pintanya.

Kapolresta juga menghimbau kepada personil Polresta Barelang, untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat sehubungan dengan penularan virus corona, jangan sampai menimbulkan keresahan ditengah masyarakat.

“Mari kita slalu berdoa semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita, dan virus Corona  tidak masuk ke Negara kita,” Ucapnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *