Polsek Leihitu Kerahkan Personil, Bantu Warga Dusun Wanat Dan Hitu Padamkan Titik Api Di 3 Hutan Di Malteng

Hukum & Kriminal

Maluku,CakraNEWS.ID- Kebakaran hutan dan lahan yang menghanguskan tanaman warga Dusun Wanat, Negeri Hitu, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah berhasil dipadamkan oleh personil Polsek Leihitu, Senin (27/1/2020).

“Akibat kebakaran tersebut,sejumlah tanaman cengkeh,pala dan durian milik warga dusun Wanat dan warga Negeri Hitu yang ditanam di dalam hutan Kuali, hutan Tenga dan Hutan Waisani hangus terbakar. Lokasi kebakaran diperkirakan berjarak 2 kilometer dari pemukiman warga,” ungkap Kapolsek Leihitu Iptu Djafar Lessy kepada CakraNEWS.ID melalui pesan selulernya.

Mantan Perwira Bid Humas Polda Maluku itu menjelaskan, menurut keterangan saksi La Wan (40) petani asal Dusun Wanat, kebakaran tersebut diketahui oleh warga Dusun Wanat terjadi sekitar pukul 14.00 WIT.  Melihat hutan yang terbakar,La Wan bersama dengan beberapa warga Dusun Wanat berusaha untuk memadamkan kobaran api yang membesar dan membakar rerumputan kering di hutan Kuali.

Nyala api yang membesar dan banyak kepulan asap yang menggangu penglihat membuat warga dusun Wanat, sulit untuk memadamkan nyala api yang menyebar di beberapa tempat. Untuk membantu warga Dusun Wanat dan Negeri Hitu, personil Polsek Leihitu yang dipimpim langsung oleh Waka Poslek Leihitu, Ipda Moyo Utomo langsung bergerak ke lokasi kebakaran sekitar pukul 17.00 berusaha memadamkan titik api dengan ranting-ranting pohon.

“Sampai dengan saat ini beberapa titik api belum bisa dipadamkan dan beberapa masyarakat yang memiliki tanaman masih berada di lokasi kebakaran. Penyebab kebakaran masih belum dapat dipastikan hal itu disebabkan karena belum ada saksi yang mengaku melihat secara langsung,”turur Lessy. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *