Wattimena Apresiasi Panas pela Lima Negeri di Negeri Hative Kecil

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID-– Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, menyelenggarakan Panas Pela dan Peresmian Baileo, yang diberi apresisi tinggi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, lantaran adat-istiadat budaya masih dipertahankan, dijaga, dan dilestarikan.

“Atas dua peristiwa besar (Panas Pela dan Peresmian Baeleo) Negeri Hative Kecil, Pemkot memberi apresiasi, berterimakasih, dan menyampaikan ucapan selamat dan sukses,” ungkap Penjabat Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat meresmikan Rumah Adat Baileo, di Negeri Hative Kecil, Kamis (27/7/23).

Lanjutnya, masyarakat di kota ini harus mengerti, dan menghargai adat. Sebab, dirinya meyakini adanya sebuah negeri lantaran kesepakatan bersama antara satu dengan yang lain, sehingga budaya diwariskan kepada kita dan generasi selanjutnya.

“Hari ini kita saksikan bahwa apa yang diwariskan itu masih terus dijaga oleh lima negeri (Hative Kecil, Hitumesing, Hative Besar, Haria, dan Desa Galala) ini cara kita menghargai apa yang diwariskan oleh leluhur kita Panas Pela inilah cara kita untuk tetap menjaga melestarikan adat-istiadat/budaya,” ulasnya.

Dirinya berharap melalui kegiatan tersebut, tentu dapat menjaga kehidupan hidup masyarakat umat beragama agar terjalin lebih baik dan solid. Tak hanya itu, lanjut Wattimena, hari ini juga dilaksnakan Peresmian Rumah adat Baileo, tempat yang memiliki fungsi untuk prosesi rapat dan sejumlah kegitan adat lainnya bagi negeri ini.

“Hari ini kami akan meresmikan Baileo, tempat untuk bermufakat, tempat pemangku-pemangku kepentingan berbicara dan bermusyawarah,” pungkas, Wattimena.

Sementara itu, Upu Latu (Raja), Josias Muryani, menuturkan dirinya berterimakasih kepada Pemkot yang telah membantu berjalannya proses Panas Pela dan Peresmian Rumah Adat. Termasuk dengan keterlibatan semua pihak yang selama ini telah berkontribusi dan bekerja sama dengan pihaknya.

“Baileo ini dibuat dengan ADD, kami sangat berterimakasih dengan banyak topangan hari ini sudah dapat diresmikan. Atas nama Pemerintah Negeri Hative Kecil saya menguncupkan terimakasih kepada Pemkot dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu,” pungkasnya.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *