1.675 Paket Peduli Kasih Pemprov Maluku Jelang Natal Sasar Keluarga Kurang Mampu

Adventorial News

“Sebagai wujud pengendalian inflasi di daerah ini, saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak Perbankan, BUMN, Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Maluku, Distributor, Stakeholder dan Pelaku Usaha lainnya yang telah berpartisipasi dalam bentuk paket sembako tali kasih,” Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail.

Ambon, CakraNEWS.ID– Pemerintah provinsi Maluku menyalurkan paket bantuan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) kepada masyarakat kurang mampu.

Agenda Pemprov itu sesuai Surat Edaran (SE) Gubernur Maluku Nomor 500.1/2959/2023 tanggal 27 November 2023 tentang Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Menghadapi HBKN Natal dan Tahun Baru 2023-2024.

Serah terima bantuan bertajub Peduli Kasih itu digelar di Depan Kantor Gubernur Maluku, pada Selasa (19/12/2023).

Sebanyak 1.765 Paket Sembako  yang turunkan pemerintah provinsi Maluku. Ini dimaksudkan agar dapat memperoleh kebutuhan pokok menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 nantinya

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan, agenda itu sebagawi wujud dari komitmen dan kepedulian Pemerintah Provinsi Maluku dalam rangka meringankan beban Masyarakat,khususnya prasejahtera menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 1 Januari 2024.

Diakui, program tersebut pula dilaksanakan sebelumnya saat menyambut bulan Ramadhan.

“Sebagai wujud pengendalian inflasi di daerah ini, saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak Perbankan, BUMN, Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Maluku, Distributor, Stakeholder dan Pelaku Usaha lainnya yang telah berpartisipasi dalam bentuk paket sembako tali kasih,” jelasnya.

Murad menjelaskan, Inflasi tahunan Maluku Year on Year, pada November 2023 sebesar 2,69% lebih rendah dari inflasi Oktober yang mencapai 3,62%.

“Turunnya angka inflasi ini sebagai Upaya dari semua pihak melalui TPID dengan terus melaksanakan gelar pangan murah dan paket sembako murah secara mobile sebagai Langkah dalam melaksanakan strategi 4K,” jelas Murad.

Lanjut dirincikan, perihal 4K yang dijalankan meliputi Ketersediaan barang kebutuhan pokok dalam keadaan aman dan cukup sampai 3 bulan kedepan, Keterjangkauan harga bahan kebutuhan pokok terutama bagi Masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru, Kelancaran distribusi dengan menyediakan lintas armada darat, laut dan udara terutama angkutan peti kemas, Komunikasi efektif dengan seluruh stakeholder termasuk tokoh agama, tokoh Masyarakat serta insan pers untuk terus membangun ekspektasi positif menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional Tahun 2023 dan 2024.

“Pemerintah Provinsi juga menggelar Gerakan Pangan Murah di 30 titik pada Kabupaten Buru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, dan Maluku Tengah, serta Kota Ambon yang telah dimulai dari bulan Oktober 2023 sampai dengan 27 Desember 2023,” beber Gubernur.

Sebelumnya, Kepala Biro Perekonomian Setda Maluku Onesimus Soumeru saat menyampaikan laporannya, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses keterjangkauan Masyarakat terhadap bahan kebutuhan poko, serta meningkatkan daya beli masyrakat.

Dijelaskannya 1.765 paket yang dibagikan secara gratis kepada Masyarakat kurang mampu ini merupakan bantuan dan sumbangan dari Pihak Swasta, Perbankan, BUMN, BUMD, dan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, yang terdiri dari, beras premium 3kg, gula pasir 2kg, minyak goreng 2 liter, tepung terigu 2kg, teh celup 1 dos, dengan total harga per paketnya Rp. 160.000.

Hadir juga pada kesempatan itu Wakil Gubernur Maluku, Forkopimda Provinsi Maluku, Sekretaris Daerah Maluku, Ketua TGUPP Provinsi Maluku, Pimpinan OPD Pemerintah Provinsi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Tokoh Agama, Perwakilan BUMN, BUMD, TPID Maluku dan Kabupaten Kota, Pelaku Usaha, dan unsur lainnya.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *