216 Caba PK Pria TNI AD Sumber Reguler Kodam XVI/Pattimura, Masuk Sidang Panitia Pusat

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Sebanyak 216 peserta Calon Bintara (Caba) PK Pria TNI AD Sumber Reguler TA. 2019 mengikuti Sidang Panita Pusat Pemilihan Sub Panitia Pusat (Subpansus) Kodam XVI/Pattimura yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, bertempat di Aula Sudirman, Makodam XVI/Pattimura, Jln Makodam, nomor 1 Kelurahan Rijali Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (3/10/2019).

Sambutan Aspers Kasad yang dibacakan Pangdam mengatakan, dalam sidang pantukhir ini akan dipilih Caba PK Sumber Reguler sebanyak 2.728 orang dari total alokasi Caba PK TNI AD sebanyak 3.178 orang. Dimana pada penerimaan prajurit sebelumnya telah terpilih sebanyak 200 orang dari Pulau Terluar Sumber Caba PK perbatasan/pedalaman, 94 orang Caba PK Sumber Keahlian dan 154 orang Caba PK Sumber Wanita. Alokasi penerimaan Caba PK TNI AD TA. 2019 ini relatif lebih banyak dibandingkan dari tahun sebelumnya.

“Penerimaan Caba PK TNI AD TA. 2019 ini terasa istimewa dan berbeda dari tahun sebelumnya karena sarat akan dinamika dan tantangan sejak dimulai tahapan kampanye sampai dengan tahap pelatihan. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya kebijakan tentang pemberlakuan sistem zonasi pada pembagian alokasi penerimaan masing-masing Kodam,”tutur Pangdam.

Pangdam mengatakan, perlu kita pahami bersama bahwa kebijakan ini merupakan wujud kepedulian pimpinan dalam rangka memenuhi kekurangan personel Satkowil khususnya di wilayah luar pulau Jawa.

“Dengan adanya kebijakan tersebut maka Satkowil di daerah-daerah pelosok dapat segera terpenuhi. Saya sampaikan kepada seluruh peserta sidang agar sedapat mungkin mampu menjawab tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan pastikan Kodim yang mendapat alokasi dapat terpenuhi dengan baik dengan tetap mempertimbangkan kualitas calon dan manfaatkan kelonggaran toleransi yang telah disepakati bersama apabila dirasa diperlukan untuk memenuhi alokasi”, kata Aspers Kasad dalam sambutannya.

Diakhir sambutannya Aspers Kasad juga memberikan beberapa penekanan diantaranya, laksanakan sidang pemilihan calon Bintara PK TNI AD sumber Reguler TA. 2019 ini dengan kesungguhan hati dan berlandaskan dengan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Utamakan kepentingan organisasi, pilihlah personel yang berkualitas dan memenuhi syarat dengan mengesampingkan kepentingan pribadi atau perorangan.

“Teliti dengan cermat dan seksama dalam memilih calon sehingga calon yang terpilih adalah yang berkualitas memenuhi persyaratan, sehingga dapat mengikuti pendidikan dengan baik untuk mencegah terjadinya kegagalan dalam mengikuti Dikma. Dan berikan penjelasan kepada calon yang tidak terpilih dengan memberikan penjelasan tentang aspek penyebab kegagalan sehingga tidak menimbulkan prasangka negatif yang ditujukan kepada panitia,”pinta Aspers Kasad.

Dalam Sidang Parade Calon Bintara (Caba) PK Pria TNI AD Sumber Reguler TA. 2019 ini diikuti oleh 206 orang Caba dan 10 orang mantan calon taruna (Catar) sedangkan alokasi yang tersedia sebanyak 114.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Brigjen TNI Ahmad Said (Wakil Ketua), Kolonel Ckm dr. Iwan Darmawan (Ketua Tim Kesehatan), Letkol Caj Joko Irianto (Ketua Tim Administrasi), Kolonel Inf Tirton Nefianto (Pengawas Itjenad), Kolonel Inf Piek Budyakto (Pengawas Spamad), Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung (Danrindam XVI/Pattimura), Mayor Inf Kurniawan Raharjo, (Ketua Tim Psikolog), Mayor Chb P. Robinson P.Silalahi, (Ketua Tim Litpers), Mayor Inf Agus Wibowo (Ketua Tim Jasmani). (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *