23 Mobil Barang Terjaring Inspeksi Keselamatan, Oleh Satlantas Polresta Barelang Bersama Dishub Kota Batam

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Operasi Lilin Seligi 2019, dalam mewujudkan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jalan di Kota Batam, Satuan Lalulintas Polresta Barelang bersama Dinas Perhubungan Kota Batam melakukan inspeksi keselamatan (Ramp Chek) kepada para pengemudi mobil angkot, truck.

Informasi yang diterima CakraNEWS.ID, dari Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Muchlis Nadjar,S.IK, Selasa (24/12/2019) mengatakan, inspeksi keselamatan yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Barelang bersama Dishub Kota Batam, kepada pengemudi mobil angkot dan truck pengangkut barang, berupa tes kadar alkohol dan tes urin menggunakan alat Alcometer, Senin (23/12/2019) bertempat di Batu Ampar.

“Pengecekan menggunakan Alcometer merupakan terobosan baru yang dimiliki oleh Satlantas Polresta Barelang untuk pemeriksaan para pengemudi kendaraan mobil angkutan barang dan alat berat. Dengan tujuan untuk memastikan agar tidak ada supir yang terindikasi mengkonsumsi minuman keras guna menjaga supir tetap dalam konsentrasi selama mengoperasikan kendaraan sehingga dapat menghindarkan diri dari terjadinya kecelakaan lalu lintas,”ungkap Nadjar.

Perwira Polri berpangkat tiga balok emas itu mengatakan, kegiatan inpeksi keselamatan tersebut, dilakukan Satlantas Polresta Barelang bekerjasama dengan Dokkes Polresta Barelang, berupa tes urine pada supir kendaraan mobil barang dan alat berat guna melakukan skrining penyalahgunaan narkoba pada supir. Sehingga dapat menekan angka kejadian kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Selaku Kasat Lantas Polresta Barelang, Saya menghimbau kepada supir dan terutama pada pihak Perusahaan yang memiliki mobil angkutan barang dan alat berat agar selalu melakukan cek dan kontrol keadaan kendaraan dan supir. Saya juga meminta perusahaan untuk sepenuhnya menjalankan Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) pada angkutan barang, dan senantiasa mengutamakan Safety Riding dalam menjalankan operasional perusahaan,”tutur Nadjar.

Ia mengatakan, selain melakukan tes urin, Saltantas Polresta Barelang juga membagikan buku petunjuk keselamatan dalam berkendara kepada sejumlah supir yang hadir.

“Sebanyak 23 unit kendaraan diantaranya 13 unit mobil merk Mitshubisi, 8 unit merk Nissa Diesel dan 2 unit merk Hino terjaring inspeksi keselamatan berlalulintas. Hasil kegiatan didapatkan  negative supir yang mengkonsumsi Alkohol dan obat-obatan terlarang dan kendaraan yang diperiksa dalam keadaan baik dan layak,”Ucapnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *