Banjir Dan Angin Puting Beliung, Terjang Dua Desa Di Kabupaten Seram Bagian Barat

Lintas peristiwa

Piru,CakraNEWS.ID- Deras air hujan yang menguyur, Desa Piru, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, dari hari Jumat (17/6/2022) hingga Sabtu (18/6/2022) mengakibatkan debit air di sungai Waisis, yang ada di Dusun kilometer 1 meluap dan mengenangi rumah-rumah warga.

Selain merendam pemukiman rumah warga, banjir yang di perkirakan setinggi lutut orang dewasa tersebut, menutupi ruas jalan utama Trans Seram hingga mengakibatkan kemacetan kendaraan yang melewati jalan tersebut.

Bersamaan dengan banjir yang menerjang Dusun Kilometer 1 di Desa Piru, bencana alam berupa angin puting beliung menghatam rumah warga di Desa Eti, pada Sabtu (18/6/2022) sekitar pukul 14.00 WIT. Akibat terjangan angin puting beliung tersebut, 16 rumah warga Desa Ati mengalami rusak parah.

Penjabat Desa Ati, Oktovina Nunuela, yang di konfirmasi CakraNEWS.ID melalui telephone selulernya, Sabtu (18/6/2022) menuturkan,kejadian angin puting beliung terjadi pada pukul 14.00 WIT, dengan tiba-tiba dan menghatam 16 rumah masyarakat, sehingga terjadi keruskan Rusak berat dan ringgan,

“Untuk kerusakan rumah warga yang rusak akibat di terjang angin puting beliung belum tercatat berapa yang rusak berat dan ringgan. Sementara ini kami masi mencatat untuk melaporkan ke Pemerintah Daerah,”ucap Oktovina Nunuela.

16 Rumah warga yang mengalami rusak berat dan ringgan akibat dampak angin puting beliung di Desa Eti, diantaranya.

  1.  Rumah Kel, Bp Y Rumawatine
  2.  Rumah Kel, Bp Elfis Latupeirissa.
  3.  Rumah Kel, Bp Luky Maromon.
  4.  Rumah Kel, Ma Dina Tuheteru.
  5.  Rumah Kel, Bp Rudy Pulu.
  6.  Rumah Kel, Bp P Pirits.
  7.  Rumah Kel, Bp M Nunuela.
  8.  Rumah Kel, Bp E Rumalatu.
  9.  Rumah Kel, Bp E Pariela
  10.  Rumah Kel, Bp H Makahity.
  11.  Rumah Kel, Bp Veky Pelapory.
  12.  Rumah Kel, Maya Kunuela.
  13.  Rumah Kel, Bp A Purimahua
  14.  Rumah  Pastory
  15.  Rumah Kel, Bp. Y Souhaly
  16. Perumahan guru.

Sementara itu di tempat terpisah, Penjabat Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Andy Chandra As’ Aduddin yang di konfirmasi di media ini   melalui pesan  Watsapp membenarkan kejadian Anggin puting beliung yang melanda di Desa Eti.

“Saya sudah perintahkan dinas terkait untuk  turun tunjau langsung di Desa Eti untuk segera melaporkan kejadian tersebut untuk di tindak lanjuti,” ucap Andy.

“Ini menjadi perhatian pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat. Dalam hal ini dinas terkait untuk secepatnya mengatasi, dampak dari musibah anggin puting beliung di Desa Eti yang merusak perumahan masyarakat dan kebanjiran di Disun Kilo meter 1 Desa Piru,”Tambahnya. *CNI-03

Video:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *