Batalkan Kunjungan Ke New Zealand, Gubernur Memilih Lepas JCH Maluku

Pemerintahan

Ambon,CakraNEWS.ID- Gubernur Maluku, Murad Ismail, bertempat di Gedung Asrama Haji Waiheru Ambon, Sabtu 13 Juli 2019, melepas sebanyak 1. 272 Jemaah Calon Haji (JCH) Maluku Tahun 2019.

Dalam sambutannya saat pelepasan JCH Maluku, Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan ibadah haji adalah momentum untuk belajar menjadi sumber kasih sayang, sumber bermanfaat dan saling mengasihi khusus bagi Maluku tercinta.

“Bagi seluruh JCH Maluku saya berharap doanya bagi Maluku yang kita cintai bersama,” ujar Murad.

Baca Juga: Kakanwil : Jemaah Haji Tertua Dari Maluku Berusia 100 Tahun

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 1440 H /2019 Masehi ini, kata Murad, Pemprov memberi subsidi bantuan operasional kepada JCH Maluku yang merupakan bagian perhatian dan kepedulian Pemprov Maluku.

Pada kesempatan tersebut dihadapan JCH Maluku, mantan Dankor Brimob Mabes Polri ini mengaku awalnha pada saat bersamaan pelepasan JCH Maluku dirinya diundang Duta Besar New Zealand Tantowi Yahya, untuk menghadiri kegiatan 1st Pacific Exposition mengusung tema Towards One Pacific Destination,namun dirinya membatalkannya.

“Saya lebih memilih melepas JCH Maluku karena bagi saya ini lebih penting. Apalagi ini merupakan pertama kali saya melepas JCH saat menjabat sebagai gubernur Maluku dan merupakan salah satu cita-cita saya,” tandas Murad.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad, mengatakan bersyukur karena setiap tahunnya selalu terjadi penambahan kuota. “JCH Maluku mulai berangkat besok 14 dan 15 Juli 2019 dan kembali 26-27 Agustus 2019,” tandas Musaad.

Pada kesempatan tersebut juga Musaad mengatakan soal pembebasan lahan seluas 5 Hektare oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku.Sebab, Kementerian Agama RI sudah siap membangun infrastruktur Embarkasi Haji Antara (EHA) Maluku.

“Bapak Gubernur juga sudah punya komitmen untuk membebaskan lahan. Bahkan Pak Gubernur juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak pemilik lahan,” tandas Musaad, yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Maluku Murad Ismail atas perhatiannya sehinga insya Allah ke depan Maluku akan menjadi Embarkasi Haji Antara (EHA).

Baca Juga: Gubernur Lepas 1272 Calon Jemaah Haji Maluku

Untuk diketahui, sehari setelah pelepasan, tepat pada Minggu 14 Juli JCH Maluku diterbangkan dari Bandara Pattimura menuju Embarkasih Haji Sudiang Makassar. Selanjutnya pada tanggal 15-16 Juli, kembali diterbangkan menuju Arab Saudi dan kembali ke Tanah Air pada tanggal 26 Agustus 2019 mendatang. JCH Maluku terbagi dalam tiga kloter yaitu Kloter 12, 13 dan Kloter 14. Seluruh JCH dari tiga Kloter ini ditempatkan pada satu zona yaitu pada wilayah Sisyah.

Meski total kuota keseluruhan JCH Maluku yang terjadwal berangkat tahun ini sebanyak 1.272 namun dua orang diantaranya menunda keberangkatan karena alasan sesuatu dan lain hal. Mereka masing-masing berasal dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Kota Tual. (CNI/ASA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *