Bersatu Lawan Covid-19, Polres Aru Bersama Pemkab dan TNI Semprotkan Jalanan Kota Dobo Dengan Disinfektan

Militer Polri

Aru,CakraNEWS.ID- Bersatu lawan penularan wabah virus corona di masyarakat, dilakukan oleh Kepolisian Resor Kepulauan Aru bersama TNI dan Pemerintah Kabupaten dengan menyemprotan cairan disinfektan peloksok jalanan Kota Dobo.

Kabag Bin Ops Polres Kepulauan Aru, AKP Teddy, melalui pesan selulernya kepada CakraNEWS.ID, Selasa (31/3/2020) mengatakan, pelaksanaan penyemprotan disinfektan di Kota Dobo tersebut, mengacu pada Surat Telegram Kapolri, bernomor ST/868/III/KEP./ 2020 tentang antisipasi perkembangan pandemik virus corona

Pelaksanaan penyemportan disinfektan, diawali dengan apel kesiapan  yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, bertempat di halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aru.

Serta dihadiri oleh komponen gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Aru yang diantaranya, Kapolres Kepulauan Aru, Danlanal Aru, Letkol Laut Saharto Silaban, M.Tr Hanla, Sekda Aru, DrsMoh Djumpa, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aru.

Wakil Bupati Aru, dalam arahannya mengatakan, merebaknya penularan wabah virus covid-19  sangat meresahkan warga masyarakat. Olehnya itu, untuk memutus mata rantai penularan vidur Covid-19, perlu adanya kerja sama dari Pemerintah dan TNI-Polri serta masyarakat, salah satu dengan cara menyeprotan cairan disinfektan.

“Virus Covid 19 sangat meresahkan warga masyarakat, dengan demikian kegiatan penyemrpotan disinfektan, yang dilakukan ini sebagai bentuk upaya pencegahan demi terhindarnya penyebaran Virus di wilayah Kabupaten Kepulauan Aru,”tutur Wabup Aru

Senada dengan Wabup Aru, Sekda Aru, dalam arahanya, mengajak seluruh kompenen, masyarakat, Instansi Pemerintah dan TNI-Polri, yang ada di Kabupaten Aru untuk bersama menjalankan amanah Pemerintah RI dalam penanggulangan penularan vidur Covid-19.

“Tugas yang kita laksanakan, merupakan tugas yang mulia untuk itu, olehnya itu selaku Sekda Aru, saya mengajak semua dengan ikhlas laksanakan tugas ini demi kabaikan bersama warga masyarakat yang kita cintai,”pinta Sekda Aru.

Disisi lain Kapolres Kepulauan Aru, dalam sambutanya mengajak masyarakat dan seluruh komponen TNI-Polri serta Instansi Pemerintah di bumi Jargaria untuk selalu menjaga kesehatan diri masing-masing dengan tidak lupa mengenak alat pengaman diri (APD) saat beraktifitas di luar rumah. Selain itu perbiasakan pola hidup sehat, sehingga tidak terjangkit penularan Covid-19.

“Mari bersama-sama kita bekerja dengan penuh keikhlasan dalam tugas penanganan virus Covid-19, guna terhindarnya masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru dari virus dimaksud,”himbau Kapolres Aru.

Mengakhiri sambutan, Danlanal Dobo, mengajak seluruh element masyarakat, pemerintah daerah maupun TNI-Polri, untuk bersama- sama  terlibat dalam Gugus Tugas percepatan penanganan Virus Covid 19 di Kabupaten Kepulauan Aru.

“ Mari bersama kita bergandengan tangan, melaksanakan kegiatan penanggulangan penularan wabah covid-19, dengan penuh rasa tanggung jawab, demi terhindarnya kita, keluarga dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru dari virus Covid-19,”tutur Danlanal Dobo.

Pelaksanaan penyemprotan disinfektan di Kabupaten Kepulauan Aru, menggunkan, 1 unit kendaraan water canon (AWC) Polres Kepulauan Aru, 1 unit kendaraan pemadam kebakaran, 1 unit kendaraan pengkut air bersih berkapasitas 6.500 liter sebagai penyuplai air. Proses penyemprotan melibatkan personil Polres Kepulauan Aru, personil Brimob, Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan.

Penyemprotan disinfektan pada beberapa lokasi diantaranya ;

  1. Kendaraan pemadam kebakaran melaksanakan penyemprotan pada beberapa ruas jalan diantaranya, jalan M.S Arif-jalan Lukas Mairering -jalan Mayor Abdullah-jalan Kapitan Malongi-jalan Mutiara dan jalan Cenderawasih.
  2. Tim semprot yang menggunakan tabung Dinas Pertanian melakukan penyemprotan pada lokasi Pasar Jargaria Dobo, pemukiman warga, serta tempat umum lainya seperti halte, pintu dan pagar rumah warga.
  3. Kendaraan Water Canon (AWC) Polres Kepulauan Aru melaksanakan penyemprotan pada jalan Pemda-Kompleks Wara-jalan Rabiadjala dan jalan Cenderawasih.
  4. Tim semprot dari personel Brimob melaksanakan penyemprotan terhadap rumah ibadah Masjid dan Gereja serta rumah warga masyarakat.

 “Kegiatan penyemprotan disinfektan merupakan tindak dari Surat Telegram Kapolri, untuk melaksanakan penyemprotan serentak di seluruh Indonesia sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. Upaya pencegahan melalui penyemprotan disinfekfan mendapat apresiasi dari masyarakat Kota Dobo,”ungkap Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Eko Budiarto.

Seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta berakhir pukul 11. 15 WIT. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *