Diduga Akan Rayakan HUT OPM, 34 Warga Papua Diamankan Personil Polres Jayapura

Hukum & Kriminal

CakraNEWS.ID- 34 warga Papua diamankan personil Kepolisian Resor Jayapura, lantaran diduga akan merayakan HUT Organisasi Papua Merdeka, di Sentani Jayapura, Minggu (1/12/2019). Kapolres Jayapura AKBP Viktor Mackbon, dalam penjelasannya kepada Wartawan mengatakan, 34 warga Papua tersebut diamankan pada Sabtu malam sekitar pukul 22.00 WIT.

“Saat ini 34 orang tersebut masih diperiksa penyidik di Mapolres Jayapura di Sentani untuk di lakukan pemeriksanaan lebih detail terhadap barang- barang bawaan yang sebagian besar membawa pakaian loreng berlambang Bintang Kejora,”ungkap Kapolres Jayapura.

Ia mengatakan, 34 warga Papua yang diamankan persenil Porles Jayapura tersebut adalah anggota dan simpatisan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang akan melakukan kegiatan dalam rangka HUT OPM 1 Desember.

Pada saat diamankan terdapat sejumlah barang bukti berupa 1 unit mobil truk warna Kuning DS 7739 JL, 3 buah parang panjang, 2 buah kertapel, 2 buah badik, 1 buah sangkur, 18  buah celana loreng panjang (Loreng KNPB dan TPN-PB model PDL II ), 19 buah baju loreng beserta lambang Bintang kejora dan lambang TPN-PB (Model PDL II), 6 buah baju kaos loreng, 1 (Satu) buah rompi loreng (Penahan Angin ), 2 buah topi loreng dan beberapa Dokumen yang berhubungan dengan Papua merdeka.

“Penangkapan tersebut bermula karena adanya kecurigaan tim Paniki Polsek Sentani Kota yang sedang melaksanakan mobile di seputaran jalan baru atas hingga jalan Pos 7 atas Sentani. Di tengah perjalan tim mendapat informasi dari jaringan bahwa ada puluhan kelompok KNPB dan TPN-PB menggunakan 1 truk yang bergerak dari arah kompleks Wamsel menuju arah Waena Sentani. Kemudian anggota gabungan TNI-POLRI memberhentikan mobil truck tersebut dan melakukan pemeriksaan baik kendaraan yang di gunakan maupun barang bawaan penumpang,”tutur Mackbon. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *