Dipimpin Kapolsek dan Danpos, Patroli Perbatasan Negara Libatkan ASN Kecamatan Pulau Letti MBD

Adventorial News

Tiakur, CakraNEWS.ID– Untuk menjaga Keutuhan Wilayah NKRI di wilayah perbatasan maka salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan patroli laut dengan menggunakan kemampuan penggunaan kekuatan alat negara yang tersedia.

Dalam rangka hal tersebut, Personel Polsek Serwaru bersama Personil Pos AL TJ. Tutpate Serwaru menggelar patroli laut perbatasan RI – Timor Leste dan Australia pada Jumat Pagi (09/06).

Agenda akbar tersebut pula mengikutsertakan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN)  dari Pemerintah Kecamatan Pulau Letti Kabupaten MBD.

Sebelum Pelaksanaan Patroli seluruh personel TNI-Polri dan ASN di apelkan di Pantai Desa Tomra dan dipimpin oleh Danpos TNI AL Letda Usman dengan didampingi Kapolsek Serwaru Ipda Giovani Toffi, S.H dan Camat Pulau Letti Otis Maulias S.Sos, Danpos TNI AL dalam rangka pemberian arahan dan menentukan cara bertindak serta sasaran patroli yang akan digelar.

Pelaksanaan kegiatan patroli perbatasan dipimpin langsung oleh Kapolsek Serwaru bersama, Danpos TNI AL.

Personel dan Camat beserta 1 ASN dengan menggunakan Armada Laut milik TNI AL, titik awal kegiatan patroli bertolak dari pantai Desa Tomra menuju ke arah barat melewati perairan depan Desa Nuwewang yang berhadapan langsung dengan Negara Timor Leste kemudian memutar kearah selatan menuju perairan pantai Desa Luhuleli yang berhadapan langsung dengan Negara Australia.

Kapolres Maluku Barat Daya (MBD) AKBP Pulung Wietono, S.I.K perihal kegiatan dimaksud memberikan apresiasi dan dukungannya.

Dikatakan, kegiatan patroli terkoordinasi yang dilakukan oleh TNI-Polri dan ASN adalah sebagai wujud kerja sama untuk menjaga keamanan perbatasan laut Negara kita dengan negara lain.

“Tujuan penyelenggaraan kegiatan patroli laut adalah untuk mengamankan wilayah perbatasan terhadap kegiatan pelanggaran hukum di laut yang dapat mengancam stabilitas keamanan dan ketertiban didalam Negeri,“  tutur Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan,  untuk menjaga keamanan pada daerah perbatasan merupakan tanggung jawab bersama semua elemen pemerintah dan hal itu itu diwujudkan dalam bentuk peningkatan sinergitas yang sudah ditunjukan oleh TNI-Polri dan ASN pada Kecamatan Pulau Letti dalam upaya untuk menjaga kedaulatan NKRI di daerah perbatasan.

“Saya berharap dengan kegiatan patroli gabungan tersebut dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya kegiatan ilegal terutama penyeludupan barang-barang ilegal dari negara luar (Timor Leste) ke Negara kita maupun sebaliknya. “ tutup Kapolres.*** CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *