Dirpolair Korpolairud Berikan Penghargaan Kepada 48 Personel Berprestasi

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Lotharia Latif, memimpin apel pagi sekaligus memberikan penghargaan kepada personelnya yang berprestasi. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Markas Komanda Ditpolair Korpolairud Tanjung Priok Jakarta, Senin (21/10/2019)

“48 personel Polair yang hari ini diberikan piagam penghargaan karena memiliki prestasi dan dedikasi yang dinilai sangat baik, masing-masing adalah personel dari 5 Sub Direktorat di Kepolisian Perairan Baharkam Polri,” Brigjen Pol Lotharia Latif.

Sebanyak 20 Personel Subdit Patroli Perairan terdiri dari 12 Personel Pertolongan dan Penyelamatan (Longmat/SAR) memperoleh penghargaan dari Dirpolair atas dedikasi sebagai pasukan bantuan bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu (Sulteng).

Kemudian 7 personel memiliki dedikasi dalam melaksanakan SAR pesawat Lion air JT 610 di laut Karawang serta 1 personel Polwan, Bripda Verlina Oktasari berprestasi dalam berkiprahnya marching band Polwan Esthi Bhakti Warapsari pada event penting sehingga mengharumkan nama Polwan dan menaikkan citra Polri.

Sementara dari Subdit Penegakan Hukum, 11 personel memperoleh penghargaan atas prestasinya yang dinilai luar biasa. 4 personel berhasil dalam pengungkapan 2 kasus tindak pidana KSDA dengan barang bukti penyu 148 ekor penyu serta penyelundupan 15.000 ekor bibit lobster. Sementara 5 personel lainnya berhasil mengungkap kasus tindak pidana penyelundupan 2 kontainer kepiting bertelur ke Taiwan. Sedangkan 2 personel berhasil mengungkap kasus tindak pidana Narkoba dengan barang bukti sabu-sabu seberat 15 Kg.

Dari Subdit Intel Perairan, sebanyak 8 personel memperoleh penghargaan antara lain 6 personel berhasil dalam penugasaan deteksi dan penyelidikan upaya penyelundupan kepiting bertelur ke luar negeri, 1 personel berhasil mengungkap 4000 Kg amonium nitrat (bahan baku bom ikan) dan 2000 detonator di Perairan Sultra dan Sulsel. Sedangkan 1 personel lagi berhasil mengungkap kasus tindak pidana Narkoba dengan BB seberat 15 Kg.

Penghargaan juga diberikan kepada 5 anggota Staf Subdit Fasharkan (1 anggota dan 5 ASN) karena dinilai memiliki dedikasi dalam kegiatan docking kapal/harwat kapal dan loyalitas dalam administrasi staf. Sementara 3 personel dari Subdit Binmas (2 anggota dan 1 ASN) memperoleh penghargaan atas prestasi dan dedikasi dalam kegiatan Polmas Perairan. Dirpolair juga memberikan penghargaan kepada 1 anggota Staf Urtu atas dedikasinya dalam menyiapkan perlengkapan, merawat serta kebersihan Mako/kantor.

“Saya yakin dari 1300-an lebih anggota saya, masih banyak yang memiliki prestasi, dedikasi, loyalitas dan integritas yang baik seperti anggota yang pada hari ini memperoleh penghargaan dan berdiri di hadapan kita semua saat ini,”Pintanya.

Jenderal bintang satu emas itu, berharap agar pemberian penghargaan ini dapat menjadi pemicu atau penyemangat bagi personelnya yang lain untuk lebih meningkatkan lagi prestasi, dedikasi dan kinerjanya. Selalu berupaya untuk menghindari segala bentuk pelanggaran baik disiplin maupun kode etik serta menunjukkan disiplin serta loyalitas yang baik sebagai anggota Polri.

Ia mengatakan, selama kepemimpinan-nya sudah banyak yang telah dikerjakan dan dicapai. Di bidang penegakan hukum berbagai kasus tindak pidana berhasil diungkap, di bidang Binmas Perairan dan Kemitraan Ditpolair Korpolairud telah menjadi inisiator dalam menumbuhkan rasa nasionalisme sebagai bangsa bersama insan maritim Muara Baru Jakarta Utara melaksanakan Upacara dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 di laut dengan peserta kapal ikan terbanyak dan terbesar sehingga berhasil memecahkan Rekor Dunia MURI.

Di samping itu tugas-tugas kemanusiaan dan penanganan bencana alam juga aktif dilaksanakan. Ditpolair Korpolairud dengan personel serta kapal-kapal patrolinya juga telah berusaha semaksimal mungkin melaksanakan kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu sinergitas dan soliditas dengan TNI dan instansi maritim lainnya juga terus meningkat dalam bentuk kegiatan pelatihan dan operasi-operasi bersama.

“Saya mengajak kepada seluruh anggota sekalian untuk mampu berpikir dan bertindak Out of The Box. Melakukan lompatan – lompatan kinerja yang baik dan positif sehingga keberadaan dan eksistensi kita dapat langsung dirasakan oleh masyarakat Jadi jangan hanya teori-teori saja, namun kita harus melakukan aksi yang nyata,” Ucapnya.

“Sesuai pidato Presiden Jokowi saat pelantikan kemarin, bahwa tantangan kita ke depan adalah di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Kita harus terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri, sehingga mampu berkompetisi mewujudkan prestasi-prestasi yang membanggakan Kesatuan dan Organisasi Polri. Dan memastikan bahwa masyarakat dapat merasakan langsung kegiatan pelayanan dan perlindungan masyarakat. Perkembangan tehnologi juga harus terus kita ikuti dan kuasai guna mendukung pelaksanaan tugas,” Himbaunya.

Sebagai penutup Dirpolair mengatakan bahwa semua capaian-capaian kinerja yang berhasil diraih adalah merupakan hasil dari kerjasama Tim, baik yang bertugas di lapangan maupun yang bertugas di staf atau administrasi. Seluruh personel diminta untuk terus meningkatkan kinerja dan kerjasamanya yang baik guna peningkatan keberhasilan organisasi.

Salah satu penerima penghargaan Brigadir Nispul (Subdit Binmas Perairan) yang memperoleh penghargaan di bidang Polmas Perairan mengatakan bahwa pemberian penghargaan ini adalah merupakan hal yang istimewa.

“Selama ini yang saya tahu,pimpinan memberikan penghargaan kepada anggota yang bertugas di bidang operasional. Namun baru kali ini, kita yang setiap harinya bertugas bidang administrasi juga mendapatkan penghargaan,”ucapnya.

ASN Pengatur Edi Supriyatno staf Subdit Fasharkan yang beberapa hari lalu mendapat musibah kecelakaan kerja di galangan dock kapal Ditpolair sehingga mengalami patah tulang kaki mengaku sangat terharu dan bangga dengan apresiasi Pimpinan ini.

“Terima kasih, Pak Dirpolair memberikan penghargaan kepada saya sebagai PNS, saya bangga sekali. Nanti saya akan lebih giat lagi bekerja,” ucapnya terbata bata. (CNI/ Humas Ditpolair Mabes Polri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *