Ditpolair Korpolair Baharkam Polri, Komitmen Bantu Masyarakat Atasi Illegal Fishing Di Perairan ZEE Laut Natuna Utara

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Menjaga perairaran Zona Ekonomi Eksklusif  (ZEE), di perairan laut Natuna Utara dari maraknya illegas Fishing (Pencurian Ikan) yang dilakukan oleh kapal-kapal asing, terus ditingkakan oleh Ditpolair Korpolair Baharkam Polri

Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum (Ps Kasubdit Gakkum) Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, AKBP Yuldi Yusman, dalam diskusi virtual kepada awak media, Kamis (29/4/2021) menegaskan, akan terus melakukan upaya-upaya untuk meminimalisir pergerakan kapal ikan asing berbendera Vietnam yang kerap kali memasuki wilayah Indonesia.

“Yang mana memang kami selalu melakukan pemantauan untuk harian yang dilakukan oleh piket intel yang kemudian dilaporkan kepada pimpinan dan dilaporkan kembali kepada pimpinan tertinggi ya itu Kapos Polair atau Polairud Baharkam Polri,”

Melalui kegiatan tersebut, Yuldi mengaku,pihaknya berhasil menangkap 2 kapal ikan asing milik Vietnam yang berada di Laut Natuna. Kapal ikan tersebut berhasil ditangkap oleh Kapal Polisi Bisma 8001 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri pada 18.

“Kapal Bisma baru-baru ini menangkap dan mengamankan 2 kapal Vietnam di Laut Natuna. Yang mana penangkapan tersebut berdasarkan dari informasi intelijen yang dikirimkan,” jelas dia.

Yuldi menerangkan, saat ini Polairud Baharkam Polri untuk wilayah Kepulauan Riau memiliki 6 kapal yang siap siaga berpatroli di Laut Natuna. Keenam kapal yang dimaksud yaitu, Kapal Yudhistira, Bisma, Parikesit, Antasena, Kasturi dan Anis Madu.

Sebagai catatan, sepanjang periode Februari hingga April 2021, Indonesia Ocean Justice Initiative atau IOJI mencatatkan sejumlah kapal ikan asing berbendera Vietnam yang memasuki teritorial Indonesia.

Dalam data terakhir yang dimiliki IOJI, tercatat pada 2 April 2021 sebanyak 100 kapal ikan Vietnam memasuki wilayah perairan Natuna. Dari 90 kapal itu berada di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. Sedangkan 10 lainnya masuk ke ZEE Malaysia. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *