Satbrimob Polda Maluku Gandeng Puskemas Tawiri, Sosialisasi Penanganan Isu Hoax Vaksin Covid-19 Kepada Masyarakat Laha

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Penanganan informasi tidak benar (HOAX), terkait vaksini Covid-19, yang sering membuat masyarakat menolak untuk di vaksin, di sikapi personil Brimob Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Maluku, dengan melakukan sosialisasi  yang dirangkaikan dengan pelaksanaan vaksinasi massal.

Bersama tenaga kesehatan dari Puskesmas Tawiri dan Perangkat Desa Negeri Laha, pelaksanaan sosialisasi dan vaksinasi massal, dilakukan personil Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polri,dilingkungan masyarakat Dusun Kampung Baru, Desa Negeri Laha Kota Ambon, Kamis (6/1/2022).

Pelaksanaan sosialiasi, dibawakan langsung oleh kepala Puskesmas Tawiri, Dokter Hasni Arusad, MARS, Dengan materi sosialisasi yang disampaikan berkaitan dengan tentang tata kelola data dan kebijakan responsive dalam penanganan covid-19, serta tentang vaksinasi, juga menyampaikan peran yang bisa dilakukan masyarakat untuk membantu pasien covid-19.

Sementara itu Personil Kompi 1 Batalyon A Pelopor yang diawaki oleh Bripka Sumardi juga menyampaikan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya isu yang yang menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 tidak aman atau tidak halal.  Serta sanksi dan denda terhadap masyarakat wajib vaksin yang menolak vaksinasi, serta jaminan terhadap masyarakat terkait Kejadian Ikutan Paca Imunisasi (KIPI) yang tertuang dalam Perpres Nomor 14 tahun 2021.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga diadakan sesi tanya jawab dengan masyarakat yang masih kurang mengerti akan vaksinasi dan juga tentang berita hoaks yang masih dipercaya oleh masyarakat.

Kegiatan sosialisasi tersebut berhasil merubah pola pikir masyarakat tentang vaksinasi, sehingga masyarakat yang awalnya masih ragu untuk melaksanakan vaksin menjadi paham dan mengerti sehingga dengan suka rela mau untuk divaksin.

Menindak lanjuti hal tersebut para tenaga kesehatan dengan spontan membuka gerai vaksin di tempat itu juga dan berhasil memvaksin puluhan masyarakat dari berbagai kalangan usia baik anak-anak, dewasa maupun lansia.

Wakil Komandan Kompi 1 Batalyon A Pelopor Ipda Sukandri dalam keterangannya menjelaskan, personil Brimob Kompi 1 akan terus menggencarkan akselerasi percepatan vaksinasi Covid-19 guna mendukung program pemerintah dalam meningkatkan persentase pencapaian vaksin khususnya di Kota Ambon. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *