Dua Mortir Aktif Ditemukan Anggota TNI AD, di Kelurahan Pandan Kasturi

Hukum & Kriminal

Ambon,Cakra NEWS.ID- Dua (2) buah mortir aktif ditemukan oleh anggota TNI AD, Sersan Dua (SERDA) Adi, ditempat pekarangan rumahnya di  Kelurahan Pandan Kasturi, RT 003/RW 11, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (19/11/2018) sekitar pukul 11.50 WIT.

“Menurut keterangan dari saksi (Serda Adi), awalnya  saksi sedang membersihkan pekarangan rumah, saat sedang memotong dahan pohon untuk dibakar,  dan mulai membesar saksi pun kaget saat melihat dua buah mortar aktif yang hamper terbakar. Saksi yang kaget ketika melihat bagian belakang dari mortir dengan cepat langsung mengambil air dan menyiram dedaunan/sampah yang telah dibakar agar tidak mengenai mortir tersebut,”ungkap sumber terpeceya Cakra NEWS. ID, yang enggan namanya dipublikasi itu. Senin (19/11/2018).

Sumber mengatakan ,setelah berhasil memadamkan api,saksi kemudian langsung menghubungi Batuud Koramil 02/Sirimau, Serma Rivai, untuk melaporkan informasi ditemukannya dua buah mortir aktif di lokasi pekarangan rumahnya. Menindak lanjuti laporan tersebut,sekitar pukul 12.35 WIT Batauud Koramil Sirimau,bersama Unit Intel Kodim 1502/Ambon langsung bergegas ke rumah teman anggota mereka di Kelurahan Pandan Kasturi RT 003/ RW 11 Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Tiba dilokasi TKP,pihak Unit Intel Kodim 1504/Ambon langsung berkoordinasi dengan Polsek Sirimau, sekitar pukul 13.16 WIT, pihak Intelkam Polsek Sirimau beserta anggota yang dipimpin oleh Kapolsek Sirimau AKP Mido.J.Manik S.IK tiba di lokasi dan berkoordinasi dengan Anggota Penjinak Bom (JIBOM) tim Gegana SatBrimob Maluku.

Sekitar pukul 14.15 WIT ,Tim Jibom Gegana Brimob ,yang tiba di TKP langsung mengevakuasi barang bukti serta menyisir sekitaran lokasi penemuan.

Pukul 14.30 WIT penyisiran di sekitar lokasi selesai dilakukan oleh Tim Jibom  untuk memastikan apakah masih ada mortir lain yang tertimbun dengan sampah di lokasi TKP.

“Saat ini temuan barang bukti dua buah mortir aktif, telah diamankan dikantor Detasemen Gegana SatBrimobda Maluku, untuk keperluan pemeriksaan. Diperkirakan mortir yang berada dilokasi merupakan peninggalan saat kerusuhan dahulu dan berjumlah lebih dari 2 (Dua) buah sehingga dihimbau untuk warga di sekitar kompleks tersebut agar tidak membakar sampah sembarangan,”tutur Sumber.

Selain itu Kapolsek Sirimau,yang dikonfirmasi Cakra NEWS.ID,melalui telephone selulernya, membenarkan adanya penemuan dua buah mortir aktif di lokasi Kelurahan Pandan Kasturi, RT 003/RW 11, Kecamatan Sirimau,Kota Ambon.

“ Benar tadi ada  penemuan dua buah bom jenis Mortir,dan barang buktinya sudah diamankan oleh Tim Jibom Gegana Sat Brimoda Maluku,” tutur AKP Mido Damanik. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.