Gandeng BNPT, FKPT Maluku Gelar Moderasi Dari Sekolah

Pemerintahan

Ambon, CakraNews.ID-Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Maluku bersama Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) gelar Moderasi Dari Sekolah di Biz Hotel Ambon, Kamis (05/03/2020).

Moderasi terkhusus di lingkungan pendidikan gelar untuk meningkatkan pemahaman beragama kepada pendidik (guru) di kota Ambon, Maluku. Para guru diharapkan mampu melakukan inovasi pembelajaran yang efektif dan kreatif guna menanamkan sikap moderat pada pelajar. Meneguhkan wawasan kebangsaan.

“Kita berupaya untuk mencegah terorisme dan radikalisme ditengah masyarakat Maluku,” ungkap ketua FKPT Maluku, Abdul Rauf.

Upaya itu kata Rauf, dengan men-sosialisasi-kan tentang pencegahan radikalisme ditengah masyarakat. Minimal dalam lingkungannya.

“Yang kita harapkan tentunya lebih luas bagemana dia menjadi virus kebaikan kepada masyarakat lainnya yang tidak ikut dalam menanggulangi serta mencegah,” paparnya.

“Tentunya kita berharap bahwa para guru yang hadir ini memberikan penekanan bagemana  terorisme dan dampaknya di masyarakat kepada para siswa di sekolah,” tambah akademisi IAIN Ambon tersebut.

Perihal status provinsi Maluku di mata publik nasional, Rauf mengakui, negeri raja-raja ini masih bersih.

“Umumnya dalam peta BNPT,  provinsi Maluku masih hijau. Artinya bersih. Jika ada teroris itu bukan putra daerah. Melainkan orang luar yang masuk ke Maluku,” pungkas Rauf.

Gubernur Maluku melalui asisten II Setda Maluku Frona Koedoboen saat membuka acara menyampaikan apresiasi kepada FKPT dan BNPT.

Diharapkan, terus mendorong internalisasi nilai-nilai agama dan budaya kepada para guru dan anak-anak untuk terus meningkatkan pemahaman keagamaan dan perilaku sosial yang moderat, sejuk dan toleran dalam memperkuat perdamaian yang otentik di Maluku.

“Saya memandang bahwa tanggungjawab pencegahan radikalisme dan terorisme yang dilakukan oleh individu maupun kelompok menjadi tanggungjawab kita semua dan seluruh elemen masyarakat Maluku,” kata Frona.

Turut hadir Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Ambon Abdul Karim Kelrey, Kadis Pendidikan Kota Ambon Fahmi Salatalohy dan tamu undangan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasubdit Pengamanan Lingkungan BNPT, Kolonel CZI Rahmat Suhendro, Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Fahmi Salatalohi, Kepala Bagian Kesbangpol Provinsi Maluku Sam Sialana, Kabid Kanwil Agama Provinsi Maluku, Danramil Nusaniwe, Kapten Inf Dede Ruhiyat, para Kepala Sekolah SD, SMP, SMU sederajat se – Kota Ambon. (CNI-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.