Gubernur MI dan Ketua PKK Dikukuhkan Sebagai Orang Adat 9 Luar

Adventorial News

Banda, CakraNEWS.ID – Dalam rangkaian Kunjungan Kerjanya di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Gubernur Drs. Murad Ismail didampingi Istri Widya Pratiwi Murad beserta rombongan bertolak ke Negeri Lonthoir, pada Senin (13/11/2023).

Setibanya di sana Gubernur beserta rombongan disambut oleh Bapa Adat, Kepala Suku dan Tokoh Masyarakat yang diiringi dengan tarian cakalele.

Selanjutnya Gubernur dan Istri dikukuhkan oleh sesepuh adat sebagai Orang Adat 9 Luar, yang ditandai dengan pemakaian kain.

Setelah itu, Gubernur dan istri yang baru saja diberikan gelar adat,enuju ke hutan, untuk mengikuti ritual adat kasih makan hutan Negeri Lonthoir, yang diawali dengan Doa kepasa pada Datuk-Datuk dan Leluhur.

Kegiatan kemudian dilanjutkan juga dengan penanaman Pohon Pala, yang dirangkaikan juga persembahan tari-tarian, dan ditutup dengan makan patita.

Untuk diketahui hadir juga pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Maluku didampingi istri, Penjabat Bupati Maluku Tengah dan Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Maluku Tengah, Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah, Camat Banda, Forkopimcam, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan unsur terkait lainnya. ** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *