Tenaga Kesehatan di Ita Wotu Nusa Progres Tingkatkan Pelayanan Bagi Usia Produktif dan Lansia

Adventorial News

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Usia Prodektif dan Lansia, Dinkes SBT Gencarkan Workshop Kader di Puskesmas

Bula, CakraNEWS.ID– Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), melalui Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) terus melakukan kegiatan workshop bagi kader usia produktif dan lansia pada 22 Puskesmas di Kabupaten SBT.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan workshop kader dan diikuti dengan kunjungan rumah oleh kader kader yang telah mengikuti workshop kader usia produktif dan lansia sebagai bentuk aplikasi dari materi workshop.

Kepada awak media Minggu (12/11/2023) Plt. Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis, S.Kep, Ns mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan guna penguatan peran dan tugas serta fungsi dari tim kader se-Kabupaten SBT. Juga sebagai forum penyamarataan persepsi seluruh kader dalam menunjang kemajuan pelayanan kesehatan dalam pengembangan posyandu mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa.

Senada Rumakabis, Pj Program Usia Produktif Bidang Kesehatan Masyarakat Nuraida Tokomadoran, S.Kep, Ns mengharapkan kepada kader posyandu agar memahami Intergarasi Layanan Posyandu Primer sehingga mampu memahami 25 kompotensi dasar kader dan berfokus pada 5 kompotensi dasar pada usia produktif dan lansia.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas kader di wilayah kerja masing-masing Puskesmas dan Desa guna meningkatkan kualitas Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut.

“Semoga dengan pelaksanaan workhshop kader usia produktif dan lansia, kader diharapakan mampu memahami dan melaksanakan kompetensinya masing-masing terutama pada kompotensi usia produktif dan lansia dibarengi dengan kerja sama dengan tenaga kesehatan di setiap puskesmas sehingga kita mencapai taget sesuai permintaan indikator RPJMN dan Renstra 2020-2024,” harap Nuraida.

Dia juga menambahkan, kegiatan ini bertujuan agar tercapainya warga yang sehat khususnya Lansia dengan tujuan mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam Pelayanan Kesehatan, selain itu meningkatkan Komunikasi antara Masyarakat Usia Lanjut.**(CNI/IM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *