Hadiri Peresmian PAUD di Dusun Luhulama, Manilet Papar Sepak Terjang Aisyiyah Cerdaskan Anak Bangsa

Pendidikan

PW ‘Aisyiyah Maluku Hadiri Soft Lounching PAUD di Dusun Luhulama Desa Iha Seram Bagian Barat.

Piru,CakraNEWS.ID–  Pimpinan Wilayah (PW) ‘Aisyiyah Muhammadiyah menghadiri soft lounching dan tsakuran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di dusun Luhulama desa Iha, Minggu (19/06/2022). Agenda dalam rangka peluncuran PAUD ‘Aisyiyah Amal Jariah itu mengusung tema, tumbuh kembang dengan kebaikan dan mecerdaskan.

Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Maluku, Aisa Manilet menyambut baik kehadiran PAUD yang diinisiasi oleh generasi muda negeri Iha terkhusus di dusun Luhulama. Pihaknya pun menyampaikan terimakasih atas kepercayaan tokoh masyarakat terlebih inisiator dan pengurus PAUD memilih ‘Aisyiyah Muhammadiyah sebagai lembaga yang memayungi PAUD tersebut. Perihal PAUD ‘Aisyiyah, Manilet menjelaskan kiprahnya sejak Indonesia belum merdeka.

Dikatakan, kepedulian ‘Aisyiyah pada pendidikan anak usia dini dibuktikan dengan mendirikan Taman Kanak-kanak dengan nama Frobel pada tahun 1919, kurang lebih 79 tahun setelah dibukanya Kindergaten oleh Friedrick Wilhelm August Frobel (1782-1852) pada tahun 1840. Frobel adalah seorang filsuf berkebangsaan Jerman dan dikenal sebagai the founding father pendidikan anak usia dini.

Dalam perkembangannya, nama Taman Kanak-kanak Frobel berubah menjadi Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah dan pada workshop ke-10 Wilayah pada tahun 1973, TK milik ‘Aisyiyah diseragamkan sebutannya menjadi TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA).

“Di usianya yang lebih dari satu abad, telah banyak berbuat untuk bangsa dan negara dalam melahirkan generasi-generasi penerus bangsa,” akuinya.

PAUD ‘Aisyiyah merupakan taman kanak-kanak dengan jumlah terbanyak yang tersebar di seluruh Indonesia yang jangkauannya mengikuti sebaran ‘Aisyiyah yang luas, dari tingkat Wilayah (provinsi) sampai ke tingkat Ranting (kelurahan/desa).

Ditegaskan, keberadaan ‘Aisyiyah telah teruji dan memiliki dampak positif untuk pemberdayaan perempuan dan pendidikan anak usia dini. Melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah yang menaungi TK ABA, ‘Aisyiyah mengembangkan visi pendidikan `Aisyiyah yang berakhlak mulia untuk umat dan bangsa.

“Dengan tujuan memajukan pendidikan serta mencerdaskan kehidupan bangsa hingga terwujud manusia muslim yang bertakwa, berakhlak mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, cinta tanah air dan berguna bagi masyarakat serta diridhai Allah SWT,” tegas Manilet.

Kembali ditegaskan, ‘Aisyiyah memberikan pendidikan yang berlandaskan Islam dengan
mengoptimalkan seluruh aspek perkembangannya. Pendidikan utama yang diberikan kepada anak-anak di TK ABA yaitu, penanaman Tauhid, akhlaqul karimah, al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan ke’Aisyiyahan, serta pengembangan kecerdasan anak sesuai tahap perkembangannya.

“Untuk itu, kami harapkan, PAUD ‘Aisyiyah Amal Jariah Dusun Luhulama desa Iha senantiasa mencirikan dan bernafaskan Islam. Tercermin pada sikap keseharian. Karena kita adalah lembaga syiar yang mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkas Manilet.

Sekedar diketahui, soft lounching PAUD ‘Aisyiyah Amal Jariah Dusun Luhulama desa Iha ditandai dengan penyerahan Surat Keputisan (SK) pendirian sekaligus SK kepala PAUD, dewan guru dan operator.

Penyerahan SK dilakukan oleh ketua majelis pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen) wilayah kepada Dikdasmen kabupaten SBB selanjutnya diteruskan dan diterima oleh para kepala PAUD ‘Aisyiyah Amal Jariah dan didampingi sekretarisnya, Nurjun Pikahulan.* CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *