Irjen Pol Firly Resmi Jabat Kabaharkam Polri, Gantikan Komjen Pol Chondro Kirono

Militer Polri

CakraNEWS.ID- Jabatan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) resmi berganti posisi dari, Komjen Pol. Drs. Condro Kirono kepada Irjen Pol. Drs. Firly M.Si. Komjen Pol. Drs. Condro Kirono, dimutasikan sebagai Pati Baharkam Polri dalam rangka memasuki masa pensiun. Sebagai penggantinya, Kapolri menunjuk Irjen Pol. Drs. Firly M.si yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan sebagai Kabaharkam Polri yang baru.

Pelaksanaan upacara farewell and welcome parade dilaksanakan pada Selasa (19/11/2019) bertempat di Mako Ditpolair Korpolairud Tanjung Priok Jakarta dan berlangsung dengan khidmat dan tertib. Sementara itu sebagai rangkaian kegiatan serah terima jabatan, sehari sebelumnya telah dilaksanakan pemaparan dan penyerahan Laporan Satuan (Lapsat) oleh pejabat lama kepada pejabat baru yang berlangsung di gedung Baharkam Mabes Polri.

Upacara Sertijab Kabarkam dihadiri para Kepala Korps jajaran Baharkam Polri (Kakorpolairud, Kakorshabara, Kakorbinmas) dan diikuti oleh peserta Parade upacara dari unsur Personel Jajaran Baharkam Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) serta dihadiri oleh tamu undangan pejabat dari seluruh unsur Maritim Jakarta, unsur TNI, KPK, Purnawirawan, ICITAP, IOM dan juga Bhayangkari.

Bertindak selaku Inspektur Upacara secara bersama-sama adalah Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri yang lama Komjen Pol. Drs. Condro Kirono, S.H, M.Hum, dan Kabaharkam yang baru Irjen Pol. Drs. Firly, M.si Yang sekaligus kemudian melaksanakan prosesi serah terima Pataka Baharkam Polri Vicvapa Brahmagola.

“Pergantian jabatan di Kepolisian ini merupakan sesuatu yang lumrah, maksud dan tujuannya adalah bagaimana melakukan penyegaran dan pembinaan dari sebuah organisasi, termasuk Kabaharkam Polri,” ucap Komjen Pol Condro mengawali sambutannya.

Jenderal bintang tiga itu mengatakan, sebagai miniatur Polri atau representasi dari Polri, Baharkam harus lebih mengedepankan upaya pencegahan dari pada tindakan penegakan hukum dan secara nyata dapat hadir di tengah-tengah masyarakat. Mampu mengetahui dan menyelami permasalahan di masyarakat dan langsung dapat memberikan solusi yang nyata.

“Dengan langkah tersebut kita semua berharapkan Baharkam Polri akan lebih dikenal dan dicintai masyarakat. Olehnya itu mengakhiri tugas Saya selaku pejabat lama Baharkam Polri, saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada bapak Irjen Pol. Firli Bahuri, semoga ke depan Baharkam Polri menjadi lebih profesional, modern dan terpercaya dalam rangka memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, Harkamtibmas serta penegakan hukum yang berlandaskan keadilan, profesionalisme dan transparan”, tutupnya.

Sementara pejabat baru Kabaharkam Polri, Irjen Pol Firly Bahuri mengatakan, struktur Baharkam yang berada di bawah Kapolri, memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membina dan menyelenggarakan fungsi pemeliharaan keamanan, yang mencakup upaya menjaga stabilitas Kamtibmas bersama dengan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, guna mewujudkan keamanan dalam negeri.

“Sebagai pejabat baru Kabaharkam Polri, saya mengajak untuk mencermati adanya kecenderungan meningkatnya gangguan Kamtibmas saat ini dan ke depan yang tidak terlepas dari pengaruh perkembangan lingkungan strategik. Masalah terorisme akibat paham radikal yang masih masif di masyarakat yang unliterasi digital serta ke depan dihadapkan kepada Pilkada serentak di seluruh pelosok tanah air yang harus dapat berjalan dengan aman lancar dan damai,” ucapnya.

Jenderal bintang dua itu mengatakan, perkembangan Kamtibmas, di satu sisi telah mendorong kehidupan sosial masyarakat yang dinamis dan cepat berubah, di sisi lain perkembangan dan konfigurasi kondisi keamanan dalam negeri dapat mempengaruhi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat yang dapat menimbulkan berbagai bentuk gangguan, sehingga harus kita sikapi secara tepat dan cermat melalui strategi dan langkah pre-emtif, preventif maupun penegakan hukum secara profesional sebagai langkah terakhir.

“Potensi perkembangan konflik komunal, horizontal, tindakan anarkisme, aksi terorisme dan radikalisme yang masih mewarnai dalam lembaran Kamtibmas tanah air akhir-akhir ini. berbagai kebijakan, program dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas, penegakkan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat, telah ditetapkan oleh bapak Kapolri,” lanjutnya.

Lebih lanjut Irjen Firly mengatakan bahwa pelaksanaan berbagai program unggulan dan terobosan kreatif, memiliki makna yang strategis dan mengandung pesan yang sangat mendalam guna kepentingan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Gelaran upacara parade Sertijab kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang berlangsung di Aula RP. Soedarsono Ditpolair Korpolairud dan Upacara Tradisi Pedang Pora. (CNI/Humas Ditpolair Mabes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *